Comscore Tracker

Antisipasi Virus Corona, Jatim Park 3 Disemprot Disinfektan

Disemprot sebelum Jatim Park dibuka

Batu, IDN Times - Jatim Park Group melakukan penyemprotan disinfektan di wahana wisata Jatim Park 3, Jumat (13/3). Langkah tersebut merupakan bagian dari antisipasi merebaknya virus corona.

1. Akan terus dilakukan hingga dua pekan

Antisipasi Virus Corona, Jatim Park 3 Disemprot DisinfektanPenyemprotan dilakukan disetiap pintu masuk wahana wisata. IDN Times/ Alfi Ramadana

Penyemprotan tersebut memang baru dilakukan hari ini. Manager Marketing dan Public Relations Jawa Timur Park Group Titik S Ariyanto menjelaskan, penyemprotan dilakukan pada loket, pintu masuk wahana, hingga tangga di area Jatim Park 3. Disinfektan disemprotkan pada pagi hari sebelum wahana wisata beroperasi.

"Aktivitas ini akan kami lakukan hingga dua pekan ke depan. Sampai ada instruksi lebih lanjut dari pihak-pihak yang memiliki wewenang," ucapnya.

2. Sudah pasang thermal scanner sejak pekan lalu

Antisipasi Virus Corona, Jatim Park 3 Disemprot DisinfektanSeluruh area Jatim Park 3 disemprot cairan anti bakteri. IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain menyemprotkan disinfektan, Jatim Park Group juga sudah memasang alat pemeriksa tubuh dan hand sanitizer sejak pekan lalu. Setiap pengunjung yang masuk ke wahana pasti akan melalui alat tersebut.

"Kalau untuk thermal scanner dan hand sanitizer sudah dilakukan sejak minggu lalu," tambahnya.

Baca Juga: Melihat Milenial Glow Garden, Wahana Wisata Baru Jatim Park Group 

3. Pengunjung tak keberatan diperiksa suhu tubuhnya

Antisipasi Virus Corona, Jatim Park 3 Disemprot DisinfektanIlustrasi virus corona. IDN Times/Sukma Shakti

Pemasangan thermal scanner itu mendapat sambutan positif dari pengunjung Jatim Park 3. Mereka sama sekali tidak keberatan dengan keberadaan alat tersebut. Mereka juga senang hand sanitizer tersedia di Jatim Park.

"Sampai detik ini belum ada satupun pengunjung yang teridentifikasi dengan suhu panas berlebih. Kami juga terus melakukan antisipasi jika nanti ditemukan maka akan langsung dibawa ke rumah sakit rujukan," jelas Titik.

4. Pengunjung Jatim Park menurun

Antisipasi Virus Corona, Jatim Park 3 Disemprot DisinfektanIlustrasi Virus Corona (IDN Times/Reja Gussafyn)

Tak bisa dimungkiri bahwa mewabahnya virus corona juga berdampak pada angka kunjungan ke Jatim park. Selama sepekan terakhir, pengunjung menurun drastis. Bahkan, Jatim Park yang biasanya ramai pada akhir pekan justru lebih sepi.

"Kalau akhir pekan ebih sepi. Sementara hari kerja malah lebih banyak rombongan anak-anak sekolah yang datang," katanya. 

5. Masih belum tentukan kebijakan apakah akan menutup Jatim Park atau tidak

Antisipasi Virus Corona, Jatim Park 3 Disemprot Disinfektanilustrasi virus corona (IDN Times/Sukma Shakti)

Terlepas dari itu, saat ini manajemen dari Jatim Park Group masih terus mengikuti perkembangan penanganan virus corona. Termasuk merespons adanya edaran dari Menteri Pendidikan yang mengimbau agar sekolah-sekolah menunda kegiatan di luar sekolah untuk sementara waktu demi menghindari penyebaran Covid-19.

"Tentu kalau sudah begini kami tidak bisa berbuat banyak. Maka dari itu, kami akan lihat dalam dua pekan ini perkembanganya seperti apa," tandasnya. 

Baca Juga: Jatim Park Bangun Taman Bermain di Banyuwangi Senilai Rp150 Miliar

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya