Alun-Alun Tugu Malang Bakal Dipugar Sesuai Bentuk Awal

Pagar Alun-alun Tugu akan dihilangkan

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota Malang berencana akan melakukan penataan ulang kawasan Alun-Alun Tugu yang berada di Jl. Tugu Kota Malang atau di depan Kantor Balai Kota Kota Malang. Penataan ulang tersebut bakal meningkatkan fungsi dari Alun-alun Tugu sekaligus juga mengembalikan status kawasan yang juga disebut alun-alun bunder itu menjadi warisan budaya. 

1. Sisi pagar akan dihilangkan

Alun-Alun Tugu Malang Bakal Dipugar Sesuai Bentuk Awalsuryamalang.tribunnews.com

Wali Kota Malang, Sutiaji menjelaskan bahwa salah satu bentuk penataan yang dilakukan adalah menghilangkan pagar yang mengelilingi kawasan taman alun-alun itu. Sebagaimana saat awal dibangun dahulu, alun-alun tersebut memang tidak menggunakan pagar keliling. Tetapi dalam pengembangannya kemudian diberikan pagar keliling.

"Untuk pagarnya nanti baik yang tembok maupun tanaman akan dihilangkan. Tetapi untuk bagian lain seperti teratai yang ada di sekeliling Tugu akan dipertahankan," kata Sutiaji, Rabu (29/12/2021). 

Baca Juga: Muncul Kabar Warga Malang Terpapar Omicron, Ini Kata Dinkes

2. Tak akan ubah bentuk tugu

Alun-Alun Tugu Malang Bakal Dipugar Sesuai Bentuk AwalWali Kota Malang Sutiaji saat menghadiri kegiatan Penguatan PSC dalam Pengelolaan Upaya Pengurangan Risiko Krisis Kesehatan dan Pasca Krisis Kesehatan di Ijen Suites Resort and Convention, Malang, Selasa (22/6/2021). (Dok. Humas Pemkot Malang)

Lebih jauh, Alun-alun Tugu sendiri dibangun setelah era kemerdekaan dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 1953. Penataan hanya sebatas mempercantik bagian taman dengan menghilangkan pagar. Nantinya pagar tersebut akan diganti dengan jogging track yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk olahraga. Kemudian pada bagian dalam akan ditambahkan bangku-bangku sebagai tempat bersantai bagi masyarakat. "Saat ini untuk anggaran totalnya masih dalam tahap perhitungan," imbuhnya. 

3. Sisi timur akan ditambahkan monumen proklamator

Alun-Alun Tugu Malang Bakal Dipugar Sesuai Bentuk AwalPatung Bung Karno Sedang Membaca Buku (youtube.com/PDI Perjuangan)

Selain penataan pada sisi Alun-alun Tugu, Sutiaji juga menambahkan bahwa pada sisi timur atau tepatnya di Jl Kertanegara nantinya juga bakal ditambahkan monumen proklamator kemerdekaan Indonesia yakni Soekarno dan Muhammad Hatta. Letaknya direncanakan akan menghadap ke arah Alun-alun Tugu.

"Kami masih meminta persetujuan dari pihak keluarga dahulu. Harapannya ini nanti bisa menjadi simbol bahwa Kota Malang menghargai pejuang-pejuang kemerdekaan Indonesia," sambungnya. 

4. Bakal terkoneksi dengan Kayutangan Heritage

Alun-Alun Tugu Malang Bakal Dipugar Sesuai Bentuk AwalPerempatan Kayutangan atau juga yang dikenal sebagai perempatan Rajabally dahulu dan sekarang. Dok/resturespati/jelajahjejakmalang

Penataan Alun-alun Tugu sendiri merupakan bagian dari proyek besar Kayutangan Heritage. Pasalnya jika seluruh proyek tersebut sudah selesai maka kawasan Stasiun Malang Kota, Alun-alun Tugu hingga Kayutangan Heritage bakal terkoneksi untuk pariwisata. "Rencananya nanti memang akan terkoneksi jadi satu bagian penting," tandasnya.

Baca Juga: Kaleidoskop Malang Raya, Banjir Bandang Hingga Sutiaji Langgar PPKM

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya