Tiga Kota di Jatim Diproyeksikan Jadi Lokasi Daftar BBM Subsidi

Kota Malang menjadi salah satunya   

Malang, IDN Times - Pertamina kembali memperluas lokasi pendaftaran kendaraan pengguna BBM bersubsidi jenis Solar dan Pertalite. Kali ini ada tiga kota di Jawa Timur yang diproyeksikan masuk dalam proyek subsidi tepat guna tersebut. Tiga kota tersebut adalah Kota Malang, Kota Madiun dan Kota Mojokerto. Tiga kota itu melengkapi 37 kota tambahan yang disiapkan oleh Pertamina dalam uji coba awal proyek subsidi tepat guna. 

1. Tiga kota di Jatim dipilih karena kondusifitas

Tiga Kota di Jatim Diproyeksikan Jadi Lokasi Daftar BBM SubsidiIlustrasi harga minyak (IDN Times/Arief Rahmat)

Section Head Communication & Relations Pertamina  Patra Niaga Region Jatimbalinus, Arya Yusa Dwi candra menjelaskan bahwa dipilihnya tiga kota di Jatim itu lantaran dinilai paling kondusif jika dibanding dengan kota lain. Untuk itu, tiga kota tersebut diproyeksikan sebagai kota tambahan untuk menggenapi 50 kota proyek subsidi tepat guna tersebut. 

"Per 1 Juli kemarin di Surabaya sudah sangat ramai demonstrasi. Padahal Surabaya belum masuk proyeksi. Jadi kami menilai kondusifitas belum maksimal," katanya Sabtu (16/7/2022). 

2. Penyaluran distribusi lebih lancar

Tiga Kota di Jatim Diproyeksikan Jadi Lokasi Daftar BBM SubsidiIlustrasi harga minyak (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih jauh, Arya menambahkan bahwa tiga kota tersebut dipilih karena penyaluran dan distribusi yang lancar. Pertamina menilai hal ini sangat penting untuk mempermudah proses uni coba proyek subsidi tepat guna tersebut. Makanya kemudian tiga kota itu diusulkan untuk masuk proyeksi uji coba. 

"Malang ini juga dikenal dengan wisatanya. Jadi sangat tepat untuk uji coba implementasi subsidi tepat guna ini," imbuhnya. 

Baca Juga: Ada Tiga Warna di SPBU Pertamina, Kenali Perbedaannya 

3. Pendaftaran dilakukan secara bertahap

Tiga Kota di Jatim Diproyeksikan Jadi Lokasi Daftar BBM SubsidiIlustrasi kenaikan harga minyak (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk proses pendaftaran kendaraan sendiri dilakukan secara bertahap. Pendaftaran sudah mulai dibuka sejak 11 Juli lalu. Pertamina juga menggandeng Telkom untuk antisipasi kemungkinan lonjakan masyarakat yang melakukan akses sekagus antisipasi agar server tidak sampai down. 

"Untuk mereka yang berdomisili di kota sesuai lokasi bisa mendaftar," sambungnya. 

Sebagaimana informasi yang beredar, Pertamina memang mengeluarkan kebijakan dengan melakukan pendaftaran melalui website untuk pembelian BBM bersubsidi. Hal itu dilakukan untuk menekan adanya subsidi BBM yang tidak tepat sasaran. Pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi MyPertamina dan website pedulitepat.mypertamina.id.

Selain itu, masyarakat juga bisa mendaftar secara offline di empat lokasi di Kota Malang yakni Fuel Terminal Malang di Jalan Halmahera Nomor 13 Ciptomulyo, Kecamatan Sukun. Selanjutnya tiga SPBU yakni SPBU 5465105 Jalan  Raya Tlogomas Nomor 45, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Disusul SPBU 5165116 di Jalan Raya Langsep, Bareng, Kecamatan Klojen, serta SPBU 5465170 yang berada di Jalan Terusan Sulfat, Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.
 

Baca Juga: Arti Kode SPBU Pertamina, 31, 34, dan 54, Gak Semua Milik Pertamina!

Alfi Ramadana Photo Community Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya