Achmad Yurianto Akan Dimakamkan Secara Militer di Batu

Almarhum akan dimakamkan di TPU Dadaprejo  

Batu, IDN Times - Almarhum mantan Jubir Satgas COVID-19, Achmad Yurianto bakal dimakamkan secara militer di TPU Dadaprejo, Kota Batu, Minggu (22/5/2022). Keputusan tersebut diambil lantaran mendiang merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat akhir Kolonel CKM. Achmad Yurianto. Untuk itu, pemakaman akan dilakukan secara militer. 

1. Mendiang satu angkatan dengan dr Terawan

Achmad Yurianto Akan Dimakamkan Secara Militer di BatuKeluarga sedang mengaji untuk almarhum Achmad Yurianto. IDN Times/Alfi Ramadana

Adik ipar mendiang, Odang mengungkapkan bahwa kakak iparnya memang anggota TNI sebelum bergabung dengan Kemenkes. Ia mengawali karir pada tahun 1987 sebagai dokter militer dan menjadi Perwira Utama Kesehatan Daerah Militer V Brawijaya. Kemudian pada tahun 2008, mendiang Achmad Yurianto sempat dipercaya menjadi Wakil Kepala Rumah Sakit Tingkat II Dustira, Cimahi, Jawa Barat. Setelah itu, yang bersangkutan juga sempat diangkat menjadi Wakil Kepala Kesehatan Daerah Militer IV Diponegoro, Semarang hingga tahun 2011.

"Beliau ini satu angkatan dengan dr Terawan," katanya, saat ditemui di rumah duka di Kota Batu, Sabtu malam, (21/5/2022). 

2. Sudah sepakat dimakamkan secara militer

Achmad Yurianto Akan Dimakamkan Secara Militer di BatuSuasana rumah duka almarhum Achmad Yurianto di kawasan Kota Batu. IDN Times/Alfi Ramadana

Lebih jauh, Odang menambahkan bahwa berdasarkan hasil kesepakatan dengan pihak keluarga, mendiang akan dimakamkan secara militer. Saat ini segala kelengkapan untuk proses pemakaman sedang disiapkan. Rencananua jenazah akan dimakamkan pukil 10.00 WIB

"Pemakamannya di TPU Dadaprejo dekat dari sini," tambahnya. 

Baca Juga: Sebelum Wafat, Achmad Yurianto Sempat Alami Kanker Usus

3. Almarhum meninggalkan dua orang anak

Achmad Yurianto Akan Dimakamkan Secara Militer di Batu(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sebagai informasi, Achmad Yurianto merupakan sosok penting pada awal pandemik COVID-19. Dirinya merupakan sosok yang menjadi juru bicara penyampaian informasi perkembangan kasus COVID-19. Dalam perjalanannya, mendiang kemudian digantikan oleh Wiku Adisasmito. Setelah tak lagi menjadi jubir Satgas COVID-19, Achmad Yurianto lebih banyak bertugas sebagai Dirjen P2P Kemenkes hingga kondisi kesehatannya mulai memburuk. Achmad Yurianto meninggalkan satu orang istri dan dua orang anak. 

Baca Juga: Mantan Jubir Satgas COVID-19 Achmad Yurianto Berpulang

Alfi Ramadana Photo Community Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya