Kapal Misterius Terdampar di Pesisir Alas Purwo Banyuwangi

Jika dilihat sekilas kapal nampaknya masih utuh

Banyuwangi, IDN Times - Sebuah kapal misterius tak bertuan ditemukan parkir di wilayah Pantai Selatan Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (1/2/2023). Antara terdampar atau sengaja disandarkan di wilayah Pantai Parang Ireng Alas Purwo ini, masih belum diketahui penyebab pastinya.

Baca Juga: Remaja Banyuwangi Tewas Digulung Ombak Pantai Pulau Merah

2. Namanya KM Gunung Baru 1

Kapal Misterius Terdampar di Pesisir Alas Purwo BanyuwangiKapal misterius terdampar di perairan Alas Purwo Banyuwangi. (FOTO: Tangkapan layar video)

Baru-baru ini, sebuah video kapal yang sedang parkir di pesisir pantai Selatan Banyuwangi viral di media sosial. Ada suara seorang pria dalam video tersebut. Pria tersebut kemudian mencoba mendekat dan menjelajah di dalam kapal. 

Secara singkat dari video yang beredar, kapal tersebut masih utuh. Mesin hingga lain-lainnya juga masih ada. Namun, di kapal tersebut tidak terdapat satu orangpun sebagai pemilik atau pengemudinya. Berdasarkan informasi yang diterima IDN Times, kapal tersebut menyandang nama KM Gunung Baru 1. 

2. Ditemukan oleh nelayan

Kapal Misterius Terdampar di Pesisir Alas Purwo BanyuwangiKondisi mesin masih utuh. (FOTO: Tangkapan layar video)

Saat dikonfirmasi terkait video tersebut, Kapolsek Tegaldlimo Iptu Lita Kurniawan membenarkan terkait adanya kapal tak bertuan itu. Berdasarkan bentuknya, kapal tersebut kemungkinan besar adalah kapal untuk mencari ikan. Kapal ini pertama kali ditemukan oleh seorang nelayan di Kecamatan Tegaldlimo. 

"Penemuan kapal ini berdasarkan pengaduan petugas Taman Nasional Alas Purwo tadi pagi," kata Lita.

3. Spesifikasi kapal

Kapal Misterius Terdampar di Pesisir Alas Purwo BanyuwangiKapal terdampar di perairan Alas Purwo Banyuwangi. (FOTO: Tangkapan layar video)

Polisi pun masih belum mengetahui siapa pemilik kapal tersebut. Termasuk alasan mengapa kapal tersebut tergolek di pesisir pantai Parang Ireng Alas Purwo Banyuwangi ini. Hasil pemeriksaan polisi, kapal tersebut memiliki nomor lambung GT15No795/IaZ005Ga6034/N.

"Ukuran panjang kapal sekitar 15 meter, llebarnya sekitar 7 meter. Kondisi kapal cukup tua, ada karang di dinding luar kapal. Di dalam juga ada air yang masuk," katanya.

Agar tidak terseret ombak, Polisi dibantu nelayan setempat kemudian mengikat kapal tersebut dengan tali yang dihubungkan ke pohon. Sembari mencari tahu siapa pemilik dari kapal misterius tak bertuan tersebut.

Baca Juga: Banyuwangi Jadi Pilot Project Integrasi Data Smart Kampung

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya