KM Mutiara Timur I yang Terbakar Berangkat dari Banyuwangi

Belasan kapal nelayan merapat untuk memberikan pertolongan

Banyuwangi, IDN Times - Beredar sebuah video kapal terbakar di atas perairan. Hasil penelusuran IDN Times, kapal tersebut merupakan kapal penumpang KM Mutiara Timur I yang berangkat dari Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi menuju Pelabuhan Tanjungmas, Lembar.

Berdasarkan video yang beredar, seluruh penumpang di kapal tersebut panik karena kepulan asap hitam yang berasal badan kapal. KM Mutiara Timur I terbakar di sekitar perairan Gili Selang, Karangasem, Bali, Rabu (16/11/2022). 

1. Berlayar pagi, sore terbakar

KM Mutiara Timur I yang Terbakar Berangkat dari BanyuwangiKM Mutiara Timur I terbakar di perairan Bali. (tangkapan layar)

Dikonfirmasi IDN Times, Kasi keselamatan berlayar, penjagaan dan patroli KSOP Tanjungwangi, Widodo, membenarkan bahwa KM Mutiara Timur I bertolak dari pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi.

"Benar, selanjutnya kami mendengar kabar terjadi kecelakaan kebakaran KM Mutiara Timur I," ungkap Widodo melalui sambungan selulernya.

Widodo menyebut, KM Mutiara Timur I bertolak dari pelabuhan Tanjungwangi sekitar pukul 06.45 WIB. Apabila perjalanan lancar, kapal diprediksi akan sandar di Pelabuhan Tanjungmas, Lembar, sekitar pukul 16.00 WIB.

"Sebenarnya mau masuk ke Lembar kurang 1,5 jam lagi. Tapi katanya terbakar. Evakuasi sudah dilakukan. Kami belum menerima laporan penyebabnya," ungkap Widodo.

Baca Juga: Sejarah Gandrung dan Kepahlawanan Pribumi Banyuwangi Melawan Penjajah

2. Angkut 236 Penumpang, 115 Kendaraan

KM Mutiara Timur I yang Terbakar Berangkat dari BanyuwangiKM Mutiara Timur I terbakar di perairan Bali. (tangkapan layar)

Widodo menyebut, KM Mutiara Timur I yang terbakar tersebut mengangkut kurang lebih 236 penumpang. Untuk saat ini, proses evakuasi penumpang sudah dilakukan oleh pihak SAR gabungan. 

Selain penumpang, Widodo juga menyebut KM Mutiara Timur I juga mengangkut sebanyak 115 unit kendaraan. Diantaranya; 2 unit motor, 2 unit mobil pribadi, 16 truk kecil, 68 truk besar dan 27 tronton. 

"Ada ratusan penumpang dan kendaraan yang diangkut KM Mutiara Timur I," jelasnya.

3. Belum diketahui jumlah korban jiwa

KM Mutiara Timur I yang Terbakar Berangkat dari BanyuwangiProses evakuasi KM Mutiara Timur I. (Budi Candra)

Hingga berita ini ditulis, Widodo belum mengetahui berapa jumlah kerugian dan korban jiwa. Dirinya mengaku belum menerima laporan seberapa parah kerusakan yang terjadi. 

"Evakuasi sedang dilakukan di sana. Belum diketahui ada korban apa tidak. Kami hanya mendapatkan kabar saja," katanya. 

Sementara itu, Perwira jaga Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Ade Sucipto memastikan sebelum KM Mutiara Timur I dalam kondisi baik sebelum berlayar. Dia memastikan bahwa mesin kapal ataupun dokumen berlayar juga sudah terpenuhi. 

"Saya perwira jaga sejak semalam. Sudah kita lakukan pengecekan kapal baik surat laik kapal dan beberapa rangkaian pemeriksaan dan kondisinya normal tidak ada kerusakan. Surat-surat juga lengkap," cetusnya. 

Baca Juga: 5 Daya Tarik Omah Majapahit, Resto Berkonsep Joglo di Banyuwangi 

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya