Comscore Tracker

Pesawat TNI Timpa Rumah Warga, Pilot Jatuh di Atap

Pilot sempat berteriak minta tolong

Pekanbaru, IDN Times - Pilot pesawat tempur Hawk TNI yang jatuh di Kampar, Riau dinyatakan selamat. Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru berhasil diselamatkan warga setelah pesawat tempur jenis Bae Hawk 109 yang dibawanya jatuh menimpa rumah warga di Perumahan Mutiara Sialang Indah, Kubang, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Senin pagi (15/6).

1. Ada suara minta tolong dari atap warga

Pesawat TNI Timpa Rumah Warga, Pilot Jatuh di AtapRumah rusak akibat Pesawat Tempur Jatuh di Kampar, Riau (IDN Times/Virda Elisa)

Salah seorang warga bernama Hotma Nurjana mengatakan awalnya mendengar suara dentuman keras. Setelah itu, dia mendengar suara pria yang meminta tolong. Dia pun keluar dari rumah dan melihat Lettu Pnb Apriyanto Ismail jatuh di atas atap rumah lalu terguling ke tanah.

"Pilotnya jatuh di atap lalu jatuh ke bawah, kita warga yang nolong. Dengar teriakan dia, tolong mati aku. Terus nampak (pilot) terguling-guling. Tapi saya ndak berani tolong jadi saya minta tolong warga lainnya. Lalu banyak orang ramai yang foto-foto," ungkap Hotma kepada awak media, Senin siang.

Baca Juga: Pesawat Tempur Jatuh di Kampar, Pilot Berhasil Melontarkan Diri

2. Pilot hanya alami memar di mata

Pesawat TNI Timpa Rumah Warga, Pilot Jatuh di AtapRumah rusak akibat Pesawat Tempur Jatuh di Kampar, Riau (Dok. IDN Times/Istimewa) (IDN Times/Virda Elisa)

Menurut Hotma, Lettu Pnb Apriyanto Ismail tampak mengenakan parasut saat terjatuh. Warga sekitar yang melihat kejadian itu langsung menolongnya. Indra Kusuma yang merupakan salah seorang warga yang menolong pilot dari Skadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin tersebut, Lettu Pnb Apriyanto tak mengalami luka yang parah. Hanya ada memar di bawah mata.

"Kita kasih salep memar di matanya dan kasih dia minum," sebutnya.

3. Pilot dievakuasi ke RSAU dr. Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru

Pesawat TNI Timpa Rumah Warga, Pilot Jatuh di AtapRumah rusak akibat Pesawat Tempur Jatuh di Kampar, Riau (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Kadispenau, Marsma TNI Fajar Adriyanto menyebut, pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, berhasil selamat setelah melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat.

Saat ini pilot berada di RSAU dr. Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sementara penyebab kecelakaan dan informasi lainnya masih dalam proses investigasi oleh tim TNI AU.

Baca Juga: [BREAKING] Pesawat Tempur Jatuh di Pemukiman Warga

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya