Menteri Rini Jajal Tol Trans Jawa, Surabaya-Jakarta Hanya 10 Jam

Biasanya bisa belasan jam padahal

Surabaya, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, memimpin rombongan yang akan melakukan ekpedisi tol trans Jawa pada Senin (12/11). Rombongan yang terdiri dari Millennial BUMN, awak media, dan pejabat Kementerian itu bertolak dari Gerbang Tol Waru Gunung menuju Jakarta sekitar pukul 06.00 WIB.

1. Meninjau kesiapan tol Trans Jawa

Menteri Rini Jajal Tol Trans Jawa, Surabaya-Jakarta Hanya 10 JamIDN Times/Vanny El Rahman

Tujuan dari ekpedisi tersebut adalah meninjau perkembangan tol trans Jawa yang kabarnya sudah memasuki tahap penyelesaian. “Ekspedisi ini kami lakukan dengan menyadari ada beberapa titik yang belum selesai. nanti kami lihat satu per satu,” kata Rini di Gerbang Tol Waru, Senin (12/11).

Baca Juga: Jokowi Resmikan 2 Ruas Tol Trans Jawa

2. Diperkirakan tiba di Jakarta pada pukul 23.15 WIB

Menteri Rini Jajal Tol Trans Jawa, Surabaya-Jakarta Hanya 10 JamIDN Times/Vanny El Rahman

Sebelum memulai ekspedisi, Rini memberikan selamat kepada seluruh karyawan Jasa Marga yang telah berupaya untuk merealisasikan tol trans Jawa. Ia mengaku senang dan meminta agar seluruh karyawan semakin giat bekerja.

Sepanjang perjalanan, rencananya Rini beserta rombongan akan meninjau beberapa fasilitas tol, seperti tempat istirahat. Mereka diperkirakan tiba di Ibu Kota sekitar pukul 23.15 WIB.

3. Jarak tempuh Jakarta-Surabaya diperkirakan hanya 10 jam

Menteri Rini Jajal Tol Trans Jawa, Surabaya-Jakarta Hanya 10 JamIDN Times/Vanny El Rahman

Dengan hadirnya tol Trans Jawa, waktu tempuh Jakarta-Surabaya yang berjarak 760 kilometer diperkirakan hanya memakan waktu 10 jam. Dalam waktu normal, setidaknya butuh waktu sekitar 14 jam. Untuk merealisasikan hal itu, BUMN akan berupaya menguraikan kepadatan di sepanjang ruas Jakarta-Cikampek.

“Waktu tempuh sangat pendek, idealnya tidak lebih dari 10 jam. Kami harapkan di lebaran 2019 itu sudah lancar (Jakarta-Cikampek), itu (waktu 10 jam Jakarta-Surabaya) kalau Cikampek sudah lancar, sudah ada jalan yang lebih longgar,” ujar Direktur Utama PT. Jasa Marga Perserto TBK, Desy Arryani, sebagaimana dikutip dari Antara.

Baca Juga: Ke Sigi, Menteri Rini Pastikan 550 Hunian Sementara Dibangun BUMN

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya