Jokowi Rencanakan Tol Merak-Surabaya Resmi Beroperasi Desember 2019

Dari Merak ke Surabaya lewat tol non-stop, wussss

Surabaya, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko “Jokowi” Widodo berencana untuk menuntaskan pembangunan tol trans Jawa dari Merak hingga Surabaya pada Desember 2019 nanti. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, saat melepas rombongan ekspedisi tol Trans Jawa.

 

1. Jokowi targetkan akhir tahun Merak-Surabaya siap beroperasi

Jokowi Rencanakan Tol Merak-Surabaya Resmi Beroperasi Desember 2019IDN Times/Vanny El Rahman

Baca Juga: Menteri Rini Jajal Tol Trans Jawa, Surabaya-Jakarta Hanya 10 Jam

Ekspedisi tol trans Jawa yang diikuti oleh Milenial BUMN, awak media, dan pejabat Kementerian BUMN itu bertujuan meninjau pembangunan tol trans Jawa yang dikabarkan telah mencapai 95 persen.

Nantinya, Jokowi akan meresmikan tol Merak-Surabaya pada akhir tahun. “Kami bersama-sama memang memberi komitmen kepada bapak Presiden dari Merak-Surabaya akan bapak resmikan Desember nanti. Nanti kami lihat satu-persatu supaya beliau bisa meresmikan Merak-Surabaya,” kata Rini di Gerbang Tol Waru Gunung, Surabaya, Senin (12/11).

 

2. Rini berharap terjadi peningkatan ekonomi di masyarakat

Jokowi Rencanakan Tol Merak-Surabaya Resmi Beroperasi Desember 2019IDN Times/Vanny El Rahman

Rini berharap tol Merak-Surabaya dapat memicu pertumbuhan ekonomi di kalangan masyarakat. “Hubungan ekonomi kami harapkan di Jawa akan meningkat drastis. Harapannya kemudian semoga hidupnya makin sejahtera,” sambutnya.

 

3. Jarak tempuh Jakarta-Surabaya diperkirakan hanya 10 jam

Jokowi Rencanakan Tol Merak-Surabaya Resmi Beroperasi Desember 2019IDN Times/Vanny El Rahman

Untuk saat ini, tol Tangerang-Merak tengah memasuki tahap penyelesaian. Rencananya, tol tersebut akan terintegrasi dengan tol Jakarta-Surabaya yang sudah beroperasi. Kehadiran tol Jakarta-Surabaya menjadikan jarak 760 kilemeter dapat ditembuh dalam waktu 10 jam.

“Waktu tempuh sangat pendek, idealnya tidak lebih dari 10 jam. Kami harapkan di lebaran 2019 itu sudah lancar (Jakarta-Cukampek), itu (waktu 10 jam Jakarta-Surabaya) kalau Cikampek sudah lancar, sudah ada jalan yang lebih longgar,” ujar Direktur Utama PT. Jasa Marga Perserto TBK, Desy Arryani, sebagaimana dikutip dari Antara.

Baca Juga: Jokowi Resmikan 2 Ruas Tol Trans Jawa

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya