Comscore Tracker

Istana: Influencer Aktor Penting di Era Demokrasi Digital

Mereka dianggap sebagai jembatan kebijakan pemerintah

Jakarta, IDN Times - Istana Kepresidenan buka suara soal polemik adanya polemik influencer yang dianggap menjadi corong kebijakan pemerintah. Juru Bicara Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Fadjroel Rachman, mengatakan bahwa para aktor digital atau influencer menjadi kunci penting sebagai jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

"Para aktor digital sebagai key opinion leaders merupakan aktor penting dalam masyarakat berjaringan sebagai perkembangan era transformasi dan demokrasi digital," kata Fadjroel dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/8/2020).

1. Influencer berperan sebagai jembatan komunikasi pemerintah ke masyarakat

Istana: Influencer Aktor Penting di Era Demokrasi DigitalJuru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 5 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Menurut Fadjroel, dalam konteks pemerintah memang selalu dibutuhkan jembatan komunikasi kepada masyarakat. Oleh karena itu, influencer menjadi kunci penting sebagai jembatan komunikasi tersebut.

"Pada konteks pemerintahan demokrasi, kelas menengah, kelompok sosial yang sangat aktif di dunia digital, selalu dibutuhkan sebagai jembatan komunikasi kebijakan pemerintah dengan seluruh warga," jelasnya.

Baca Juga: Jadi Ketua Program Influencer Pemerintah, Ini Profil Yosi Project Pop

2. Para influencer akan terus berkembang untuk membangun jaringan informasi

Istana: Influencer Aktor Penting di Era Demokrasi DigitalJuru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Negara, Senin 18 November 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Fajdroel lalu menyebut bahwa aktor digital akan terus berkembang dalam peran-peran penting untuk membangun jaringan komunikasi publik. Utamanya di pemerintahan sendiri.

"Aktor digital akan terus berkembang dalam peran-peran penting membangun jaringan informasi yang berpengaruh terhadap aktivitas produktif sosial ekonomi dan politik," jelasnya.

3. Jokowi ingin masyarakat melakukan transformasi digital

Istana: Influencer Aktor Penting di Era Demokrasi DigitalPresiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta, Jumat (28/8/2020) (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Jokowi, kata Fadjroel, juga telah meminta agar masyarakat Indonesia melakukan transformasi digital. Hal itu penting sebagai persyaratan transformasi ke depannya.

"Oleh karenanya, banyak bagian dari strategi kebijakan yang perlu berpijak pada sistem dan masyarakat digital. Termasuk pengakuan peran kuat aktor digital sebagai jaringan informasi," ucapnya.

"Sebuah keniscayaan di era digital, para aktor digital menjadi pemain penting perubahan paradigma dari top-down strategy ke participative strategy, di mana publik berpartisipasi aktif dalam komunikasi kebijakan," lanjut Fadjroel.

Baca Juga: Disebut Jadi Ketua Program Influencer, Ini Kata Yosi 'Project Pop'

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya