Comscore Tracker

Hari Ini Jokowi akan Umumkan Menteri Kabinet Kerja Jilid II

Jokowi pilih hari ini karena Ma'ruf Amin

Jakarta, IDN Times - Setelah dilantik kemarin (20/10), Presiden Joko "Jokowi" Widodo langsung tancap gas. Rencananya, hari ini, Senin (21/10), Jokowi akan mengumumkan nama-nama menteri Kabinet Kerja Jilid II yang akan membantu dirinya dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Sebelum ini, banyak rumor yang beredar terkain dengan deretan nama menteri yang dipilih Jokowi. Namun, Istana menepis rumor-rumor tersebut.

Sesaat sebelum pelantikan di Gedung DPR/MPR kemarin, Jokowi mengisyaratkan akan mengumumkan nama para menterinya hari ini. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta kepada rakyat agar bersabar.

"Sudah rampung, sudah selesai. Besok pagi (hari ini) saya kenalkan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, sebelum berangkat ke gedung MPR/DPR, Minggu (20/10).

Jokowi menjelaskan, dia memilih Senin pagi untuk mengumumkan susunan menteri, lantaran Wakil Presiden Ma'ruf Amin harus bertolak ke Jepang, sore nanti. Ma'ruf dijadwalkan akan menghadiri acara penobatan kaisar Jepang yang baru, Naruhito.

Perihal kapan pelantikan menteri digelar, Jokowi mengatakan, akan secepatnya dilakukan usai pengumuman susunan Kabinet Kerja jilid II.

"Dikenalkan dulu, kemudian dilantik. Kalau sudah dikenalkan, pasti dilantik," ujar dia.

Jokowi juga sebelumnya mengatakan komposisi menteri Kabinet Kerja jilid II, akan diisi 55 persen dari kalangan profesional dan 45 persen berasal dari partai politik.

Jokowi juga menyebutkan masih ada sejumlah menteri lama yang dipertahankan, namun akan ada banyak wajah baru di dalam Kabinet Kerja jilid II.

Kira-kira siapa saja ya mereka?

Baca Juga: Relawan Ingatkan Jokowi Hati-hati Pilih Menteri

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You