Comscore Tracker

New Normal, Jokowi Minta Penjagaan Zona Merah Seperti Jatim Diperketat

Personil kemanan juga minta ditambah

Jakarta, IDN Times - Wacana penerapan skenario new normal atau kehidupan normal baru di tengah pandemik virus corona atau COVID-19 kembali dilontarkan pemerintah. Upaya itu dilakukan agar masyarakat bisa beraktivitas normal di tengah pagebluk. Presiden Joko "Jokowi" Widodo pun meminta daerah-daerah dengan jumlah kasus positifnya seperti di Jawa Timur mendapat penjagaan ketat dari aparat TNI-Polri. Bahkan, pemerintah akan menurunkan pasukan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

1. Jokowi minta kesiapan daerah juga dicek

New Normal, Jokowi Minta Penjagaan Zona Merah Seperti Jatim DiperketatSetiap Penumpang Pesawat Tujuan Jabodetabek Wajib Punya SIKM, Bandara Soekarno-Hatta Tetapkan Prosedur Pemeriksaan di Terminal Kedatangan Domestik (Dok. Angkasa Pura II)

Selain penjagaan dari TNI-Polri, Jokowi minta jajarannya untuk mengecek kesiapan setiap daerah.  "Dalam rangka persiapan menuju tatanan normal baru ini, saya juga minta tolong dicek tingkat kesiapan setiap daerah dalam mengendalikan virus ini," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (27/5).

Baca Juga: New Normal di Pesantren Terkendala, PKB Desak Pemerintah Intervensi

2. Khusus untuk Jatim, Jokowi minta adanya penambahan pasukan

New Normal, Jokowi Minta Penjagaan Zona Merah Seperti Jatim DiperketatDok. Agus Suparto

Untuk menangani daerah yang kurvanya masih tinggi seperti Jawa Timur, Jokowi menginstruksikan kepada Panglima TNI dan Kaplri untuk menambah pasukannya. Para aparat TNI-Polri diturunkan untuk mendisiplinkan masyarakat yang tidak menjalankan protokol kesehatan.

"Saya kemarin juga sudah perintahkan pada Gugus Tugas, kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk di Jawa Timur misalnya untuk kita tambah bantuan pasukan aparat di sana agar bisa menekan kurvanya agar tidak naik lagi," tutur Jokowi.

New Normal, Jokowi Minta Penjagaan Zona Merah Seperti Jatim DiperketatIDN Times/Sukma Shakti

3. Pelacakan harus dilakukan lebih agresif

New Normal, Jokowi Minta Penjagaan Zona Merah Seperti Jatim DiperketatPedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang mengikuti rapid test pasca meninggalnya satu rekan mereka suspect COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Selain menambah pasukan, mantan Wali Kota Solo itu juga meminta agar pengujian sampel dan pelacakan dilakukan lebih agresif lagi. Hal itu penting untuk segera mengetahui jumlah pasien yang positif.

"Memasifkan pengujian sampel, pelacakan yang agresif terhadap yang PDP maupun ODP, dan melakukan isolasi yang ketat. Ini kita lakukan pada provinsi-provinsi yang kurvanya masih naik," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi: Kita Akan Mulai New Normal dari Wilayah yang Kurvanya Menurun 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya