Ini Kriteria Capres yang Megawati Mau untuk Pilpres 2024 

Salah satunya pemimpin yang berpihak pada wong cilik

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa urusan capres dan cawapres pada Pilpres 2024 menjadi keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menurut Hasto, Megawati akan memilih pemimpin sesuai kehendak rakyat.

"Kehendak rakyat itulah yang akan dibaca oleh Bu Megawati yang punya hak prerogatif dan inipun di dalam memohon terang dari Tuhan yang Maha Kuasa agar memberikan suatu inspirasi terhadap pemimpin ke depan guna membawa kejayaan bangsa ini," kata Hasto seperti dikutip dari keterangan tertulis PDIP, Sabtu (12/6/2021).

Baca Juga: Momen-Momen Mesra Megawati-Prabowo, Sinyal Koalisi di Pilpres 2024?

1. Megawati akan umumkan sendiri calon yang diusung

Ini Kriteria Capres yang Megawati Mau untuk Pilpres 2024 ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Terkait siapa calon yang akan dipilih, Hasto menyebut bahwa pada saatnya nanti Megawati akan mengumumkan sendiri. Saat ditanya apakah para calon yang diusung PDIP berdasarkan hasil survei di berbagai lembaga, Hasto tak menjawabnya lebih jauh.

"Ah, yang jelas bukan saya. Saya membantu Bu Mega membangun partai," jawab Hasto.

2. Megawati ingin pemimpin yang memiliki kemampuan baik dalam komunikasi politik

Ini Kriteria Capres yang Megawati Mau untuk Pilpres 2024 ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Meski begitu, lanjut Hasto, Megawati dan PDIP memahami hasil survei sebagai instrumen. Megawati sendiri menginginkan seorang pemimpin yang memiliki kemampuan baik dalam berkomunikasi politik.

"Tetapi di luar itu, dia punya tanggung jawab, dia punya kekokohan dalam hal prinsip. Dia punya kemampuan teknokratik dan itu kan harus dipersiapkan, dilakukan dengan sebaik baiknya," ucap Hasto.

"Jadi kita tunggu momentum yang tepat dari PDI Perjuangan, dari Bu Mega untuk mengumumkan siapa calon presiden dan wakil presiden," tambahnya.

Baca Juga: Puan Maharani Klaim Tak Pernah Paksa Megawati Ambil Keputusan

3. Megawati ingin usung sosok yang berpihak pada 'wong cilik'

Ini Kriteria Capres yang Megawati Mau untuk Pilpres 2024 Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Hasto menyampaikan, Megawati sendiri akan mencari sosok pemimpin yang punya watak pembebasan serta keberpihakan kepada Wong Cilik. Pemimpin strategik yang dimaksud adalah mereka yang punya tanggung jawab bagi masa depan bangsa dan negara.

"Dan kalau kita lihat kepemimpinan strategik ibu Megawati Soekarnoputri, memang punya orientasi menyiapkan kader-kader pemimpin tidak hanya bagi 2024 yang akan datang, tetapi bagi kelangsungan bangsa dan negara ini dengan jati diri bangsa itu," ujar Hasto.

Dia lalu menyontohkan pada 2014 lalu, banyak yang meragukan ketulusan Megawati bertanggung jawab atas masa depan Indonesia. Dan Megawati menjawabnya dengan sebuah keputusan untuk mengusung Jokowi menjadi presiden.

"Bapak Jokowi ini berproses dari bawah. Dari wali kota, gubernur, dan kemudian menjadi presiden RI. Nah karakter kepemimpinan dari bawah inilah yang terus didorong, pemimpin yang memahami hati dan kehendak dari rakyat itu sebagai fungsi yang dijalankan oleh partaii politik seperti PDI Perjuangan," jelas dia.

Baca Juga: Diresmikan Prabowo-Megawati, Ini 5 Potret Patung Bung Karno Naik Kuda 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya