Comscore Tracker

Sah! Lima Dewan Pengawas KPK Dilantik Presiden Jokowi

Dewas dipimpin oleh Tumpak Panggabean

Jakarta, IDN Times - Lima Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 resmi dilantik oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Negara, Jumat siang (20/12), pada pukul 14.30 WIB.

Mereka yang dilantik adalah Tumpak Hatarongan Panggabean sekaligus ditunjuk sebagai Ketua Dewas KPK. Serta empat orang anggota yakni Syamsuddin Haris, Artidjo Alkostar, Albertina Ho, dan Harjono.

Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 140/P/2019 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengawas KPK. Mereka lantas mengucap sumpah jabatan.

"Saya berjanji senantiasa menjalankan tugas dan wewenang saya dengan sungguh-sungguh, objektif, jujur, adil, tidak membedakan jabatan suku, agama, ras, gender, dan golongan tertentu, dan akan melaksanakan kewajiban saya dengan sebaik-baiknya," ucap mereka serentak saat diambil sumpahnya.

Beberapa menteri tampak hadir dalam pelantikan itu. Selain itu ada Jaksa Agung St Burhanuddin, pimpinan DPR RI, pimpinan MPR RI, dan lainnya. Termasuk juga para pimpinan KPK jilid IV.

Hanya saja, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tak hadir dalam pelantikan. Sebab, masih melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan.

Nantinya, Dewas bertugas untuk mengevaluasi kinerja pimpinan dan KPK tiap tahun. Hasil evaluasi itu lalu disampaikan ke Presiden Jokowi.

Dewas juga punya kewenangan pro justicia. Yakni keputusan untuk mengizinkan atau tidak mengizinkan aktivitas penyadapan, penggeledahan dan penyitaan. Gara-gara kewenangan itu, keberadaan dewas diprotes oleh masyarakat sipil. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Dilantik Bersama Pimpinan, Ini 5 Anggota Dewan Pengawas KPK

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya