[BREAKING] Dilantik Jadi Kapolri, Idham Azis Kini Berpangkat Jenderal

Idham terpilih secara aklamasi di DPR

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik Jenderal Pol Idham Azis sebagai Kapolri baru menggantikan Tito Karnavian yang saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Upacara pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Jumat (1/11).

Prosesi pelantikan dipimpin oleh Presiden Jokowi. Dengan mengenakan setelan jas berwarna hitam dan berdasi merah, Jokowi memulai pelantikan sekitar pukul 09.30 WIB. Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut mendampingi dengan setelan jas hitam lengkapnya.

Jokowi meminta Idham Azis untuk mengikuti ucapannya satu per satu secara perlahan.

"Apakah saudara bersedia saya ambil sumpah menurut agama Islam?" tanya Jokowi kepada Idham.

"Siap, bersedia," jawab Idham.

"Demikian untuk mengikuti kata-kata saya," ujar Jokowi lagi.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Idham mengikuti perkataan Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi tribrata," kata dia melanjutkan.

Dengan demikian, para Idham Azis telah resmi dilantik dan siap membantu Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin selama 5 tahun ke depan. Melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 98 Polri 2019, Presiden Jokowi juga memutuskan untuk menaikkan pangkat satu tingkat, dari Komisaris Jenderal Pol menjadi Jenderal Pol kepadanya.

Selain Idham Azis, Jokowi juga melantik sejumlah keanggotaan komisi Kejaksaan Agung. Prosesi pelantikan keanggotaan komisi kejaksaan agung bersamaan dengan pelantikan Idham Azis sebagai Kapolri.

Dalam acara pelantikan, hadir pula jajaran menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju. Selain itu, ada beberapa pimpinan parpol antara lain Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani, Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan lainnya.

Baca Juga: Resmi Jadi Kapolri, Berapa Harta Kekayaan Komjen Idham Azis?

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya