Masih Pencarian, Helikopter MI 17 Diduga Hilang di Gunung Aprok Papua

Pencarian dilakukan melalui jalur darat dan udara

Jakarta, IDN Times - Pencarian melalui darat dan udara terhadap Helikopter MI-17, yang dikabarkan hilang kontak pada Jumat (28/6) masih berlangsung di sekitar Gunung Mol dan Gunung Aprok.

Tim darat kini sudah mendaki gunung Mol dan Aprok, dan mereka sudah berada di atas ketinggian 2.500 kaki di atas permukaan laut, untuk mencari heli tersebut.

1. Pencarian dilakukan di darat dan udara

Masih Pencarian, Helikopter MI 17 Diduga Hilang di Gunung Aprok PapuaANTARA FOTO/Marius Frisson Yewun

Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto mengatakan pencarian helikopter dilakukan baik di darat maupun udara.

"Hingga kini kita masih menggunakan pencarian dengan menggunakan satuan di darat dan juga menggunakan helikopter melalui udara," kata Candra ketika dikonfirmasi dari Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (30/6).

Dia mengatakan, tim darat kini sudah mendaki gunung Mol dan Aprok, dan mereka sudah berada di atas ketinggian 2.500 kaki di atas permukaan laut.

"Tim darat sudah mendaki dua gunung itu yakni gunung Mol dan Aprok, mereka sudah berada di atas gunung," kata dia.

Baca Juga: Usai Papua, Laut Banda Juga Dilanda Gempa 7,4 SR

2. Belum ada tanda-tanda keberadaan Helikopter MI-17

Masih Pencarian, Helikopter MI 17 Diduga Hilang di Gunung Aprok PapuaANTARA FOTO

Candra menjelaskan pencarian melalui udara dengan menggunakan helikopter sudah mulai menyisir di tempat rute-rute helikopter MI 17 saat kembali dari oksibil.

"Hingga kini, belum ada tanda-tanda adanya jejak-jejak helikopter MI 17 yang hilang kontak pada Jumat (28/6)," kata dia, seperti dilansir kantor berita Antara.

3. Helikopter MI 17 diduga hilang di Gunung Aprok

Masih Pencarian, Helikopter MI 17 Diduga Hilang di Gunung Aprok PapuaFOTO ANTARA/Reno Esnir

Candra menyebutkan, di atas gunung Aprok dicurigai helikopter MI 17 hilang kontak, karena pada saat masyarakat melihat helikopter tersebut melintas di atas Kampung Mimin. Heli tersebut dua kali berputar kemudian masuk awan dan tidak lama kemudian terdengar suara gemuruh seperti gunung longsor.

"Ini baru perkiraan kita bahwa setelah helikopter MI 17 masuk awan jarak pandang pendek, sehingga kemungkinan terperosok di sekitar lokasi itu," kata dia.

4. Hilangnya Helikopter MI-17 bertepatan dengan munculnya awan cumulonimbus

Masih Pencarian, Helikopter MI 17 Diduga Hilang di Gunung Aprok Papua(ilustrasi) Pixabay

Sebelumnya, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, Provinsi Papua, menyebutkan hilang kontaknya Helikopter MI-17 milik TNI AD di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, bertepatan dengan munculnya awan cumulonimbus (cb) secara tiba-tiba.

"Iya betul awan cumulonimbus itu yang muncul secara tiba-tiba," kata Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura Petrus Demon Silli, ketika dikonfirmasi dari Sentani, Sabtu.

5. Helikopter MH-17 mengangkut 12 orang

Masih Pencarian, Helikopter MI 17 Diduga Hilang di Gunung Aprok PapuaANTARA FOTO/Dok.SAR Jayapura

Petrus menjelaskan, jenis awan cb adalah sebuah awan vertikal menjulang (keluarga D2) yang sangat tinggi, padat, dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya.

Awan cb memiliki elemen yang dapat mengganggu aktifitas penerbangan, sehingga dianggap sangat berbahaya.

Helikopter MI-17 milik TNI AD dikabarkan hilang kontak sejak Jumat (28/6) sekitar pukul 11.49 WIT.

Helikopter MI 17 dengan nomor registrasi HA-5138 itu membawa 12 penumpang beserta crew, yang sebelumnya terbang ke Okbibab, untuk melakukan pengiriman logistik kepada prajurit yang bertugas di wilayah tersebut.

Adapun nama-nama awak helikopter tersebut yaitu Kapten CPN Aris (pilot), Lettu CPN Bambang (pilot), Lettu CPN Ahwar (co pilot), Serka Suriyatna, Serda Dita, Praka Dwi Purnomo dan Pratu Aharul.

Sedangkan penumpang yang merupakan anggota Yonif 725/WRG yaitu Serda Ikrar Setya Nainggolan, Pratu Yanuarius Loe, Pratu Risno, Prada Sujono Kaimuddin, dan Prada Tegar Hadi Sentana.

Baca Juga: Helikopter MI 17 Hilang, Tim SAR Gabungan Kembali Lakukan Pencarian 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya