Gempa M 5,7 Guncang Kepulauan Mentawai, Warga Mengungsi ke Gereja

Gempa tidak berpotensi tsunami

Jakarta, IDN Times - Sejumlah warga Dusun Mapadegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, memilih mengungsi ke Gereja Piniel, akibat gempa bumi magnitudo 5,7 mengguncang wilayah tersebut pada Senin (3/5/2021) pukul 00.46 WIB.

Kepala Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai Amir melaporkan warga juga masih dalam kondisi siaga hingga saat ini, setelah merasakan guncangan kuat gempa selama 2-4 detik itu.

Baca Juga: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Malang, Pemerintah Santuni Rp50 Juta

1. Masyarakat siaga khawatir gempa susulan

Gempa M 5,7 Guncang Kepulauan Mentawai, Warga Mengungsi ke GerejaIlustrasi Berlindung Saat Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Masyarakat masih dalam kondisi siaga karena khawatir terjadi gempa susulan. Perlu diketahui, Mentawai pernah dilanda gempa besar bermagnitudo 8,9 hingga terjadi tsunami pada 25 Oktober 2010.

“Masyarakat masih dalam kondisi siaga,” ujar Amir.

2. Gempa tidak berpotensi tsunami

Gempa M 5,7 Guncang Kepulauan Mentawai, Warga Mengungsi ke GerejaIlustrasi gelombang tsunami. (IDN Times/Sukma Shakti)

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan, guna mengantisipasi adanya gangguan atau pemadaman listrik, BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai telah menyiapkan alat penerangan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya mengeluarkan informasi kejadian gempabumi dengan episentrum di dasar laut dengan kedalaman 29 kilometer, pada posisi 2.34 Lintang Selatan dan 99.66 Bujur Timur, atau 35 kilometer tenggara Tuapejat, Sipora Utara dan 37 kilometer tenggara Kepulauan Mentawai.

"BMKG juga merilis bahwa gempabumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Hingga siaran pers ini diturunkan, belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban jiwa," ujar Raditya dalam keterangan tertulis.

3. BPBD mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan selalu waspada

Gempa M 5,7 Guncang Kepulauan Mentawai, Warga Mengungsi ke GerejaIlustrasi Berlindung Saat Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Saat ini, BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai tengah melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan perangkat desa serta instansi terkait lainnya.

Tim BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai juga telah mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan selalu waspada.

"Tim BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai telah meninjau beberapa lokasi, mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan selalu waspada,” ujar Amir.

Baca Juga: Gempa Nias Dipicu Gempa di Luar Zona Subduksi, Tidak Merusak

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya