Wapres JK Resmikan Menara Masjid dan Gedung Ekonomi Islam di Gontor  

Menara masjid Gontor habiskan Rp15,5 miliar

Ponorogo, IDN Times - Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan kunjungan ke Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) di Kabupaten Ponorogo, Kamis (3/10) pagi. Kedatangannya untuk meresmikan menara baru masjid Jami' pondok setempat dan gedung Pusat Studi Ekonomi Islam Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

Peresmian menara masjid ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Jusuf Kalla. Sedangkan peresmian gedung Pusat Studi Ekonomi Islam dilangsungkan di UNIDA Gontor. Adapun jarak antara pondok dengan UNIDA Gontor sekitar lima kilometer.

1. Menara masjid Pondok Gontor habiskan biaya Rp15,5 miliar

Wapres JK Resmikan Menara Masjid dan Gedung Ekonomi Islam di Gontor  IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, menara masjid mulai dibangun pada 19 September 2016. Ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Joko Widodo. Pembangunan yang rampung pada 28 Februari 2019 itu menghabiskan biaya Rp15,5 miliar.

Menara itu memiliki ketinggian 82 meter dengan dilengkapi bangunan dasar berlantai tiga seluas 11 x 11 meter persegi. Lantai pertama diproyeksikan untuk kantor Gontor TV, lantai kedua digunakan untuk Radio Suara Gontor FM, sedangkan lantai ketiga difungsikan sebagai ruang Humas PMDG.

Menara itu menggantikan menara lama yang dibangun pada 1977 dengan ketinggian 45 meter.

2. Wakaf dinyatakan kunci pengembangan pondok

Wapres JK Resmikan Menara Masjid dan Gedung Ekonomi Islam di Gontor  IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sedangkan gedung Pusat Studi Ekonomi Islam UNIDA Gontor merupakan wujud pengembangan terhadap dunia pendidikan. Rektor UNIDA Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, mengatakan bahwa pembangunan pusat studi itu sebagai upaya meneruskan perjuangan para pendiri pondok dengan cara wakaf.

"Bisa berkembang seperti sekarang karena kuncinya wakaf. Dan ini sesuai hasil pembelajaran para pendiri pondok (pada masa lalu) di Mesir," kata Amal.

Baca Juga: Setelah 10 Tahun Lebih, Mobil Dinas Presiden dan Wapres Akan Diganti

3. JK minta jangan mempersulit pandangan ekonomi syariah

Wapres JK Resmikan Menara Masjid dan Gedung Ekonomi Islam di Gontor  IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa gedung Pusat Studi Ekonomi Islam Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor merupakan wujud dari pendidikan ekonomi syariah. Maka, dinilai cocok dengan label modern yang dapat diartikan selalu dinamis seperti melekat di pondok Gontor.

"Ekonomi syariah itu yang tidak haram itu halal dan yang halal itu syar'i. Jangan dipersulit," ujar Jusuf Kalla.

Baca Juga: Mengenal Universitas Darussalam Gontor, Beda Kan dengan Kampusmu?

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya