Peringatan Seabad, Panglima TNI Jadi Warga Kehormatan PSHT

Merasa bangga meski belum pernah ikut latihan

Madiun, IDN Times - Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa merasa bangga setelah dikukuhkan menjadi warga kehormatan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Pengukuhan itu dilakukan langsung oleh Ketua Umum PSHT, Moerdjoko dalam peringatan seratus tahun atau seabad perguruan silat itu di Graha Krida Budaya PSHT Pusat Madiun, Jalan Merak, Kota Madiun, Jumat (2/9/2022).

"Saya ucapkan terima kasih. Saya belum pernah latihan tapi dikasih kehormatan," ujar dia usai mengikuti kegiatan bertajuk Satu Abad Terate untuk Dunia.

1. Pencak silat dinyatakan sebagai gaya hidup

Peringatan Seabad, Panglima TNI Jadi Warga Kehormatan PSHTPanglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam peringatan seabad PSHT di Kota Madiun, Jumat (2/9/2022). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Namun demikian, ia menyatakan juga rutin melakukan olahraga sebagaimana yang dilakukan para warga PSHT. Oleh karena itu, ia menyebut pencak silat merupakan bagian dari gaya hidup dan pelestarian budaya.

"Kalau olahraga secara fisik, iya (saya melakukan secara rutin). Karena ini (pencak silat) menjadi gaya hidup," ujar panglima TNI.

Baca Juga: Jelang Seabad PSHT, Polisi Madiun Sterilisasi Jalan Raya 

2. Perlu teladani pendiri PSHT

Peringatan Seabad, Panglima TNI Jadi Warga Kehormatan PSHTPanglima TNI Jenderal Andika Perkasa usai memukul gong raksasa sebagai tanda diresmikannya Graha Krida Budaya PSHT Pusat Madiun,Jumat (2/9/2022). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Dalam kesempatan itu, Jenderal Andika juga mengingatkan tentang sosok Ki Hadjar Hardjo Oetomo selaku pendiri PSHT. Menurut dia, banyak keteladanan yang perlu dipetik dan diteruskan oleh generasi penerus.

"Beliau orang biasa yang memiliki leadership, waktu itu anak muda yang punya visi dan good will. Bisa bukan karena dari keluarga ningrat, beliau bisa mewujudkan sehingga 100 tahun lalu (PSHT) ada sampai sekarang," ia menjelaskan.

3.PSHT dan TNI AD disebut sama-sama berjuang dari bawah

Peringatan Seabad, Panglima TNI Jadi Warga Kehormatan PSHTWarga PSHT dalam peringatan seabad perguruan silat itu di Kota Madiun, Jumat (2/9/2022). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Ketua Dewan Pusat PSHT Issoebiantoro menyatakan bahwa pengukuhan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi warga kehormatan karena persamaan latar belakang. PSHT dan TNI sama-sama memiliki sejarah dalam perjuangan dan menjadi bagian dari perebutan kemerdekaan. 

"Perjuangan oleh para tokoh (PSHT dan TNI Angkatan Darat) dari bawah. Hingga sekarang masih berkesinambungan," ungkap dia. 

4. Sejumlah tokoh politik nasional juga hadiri seabad PSHT

Peringatan Seabad, Panglima TNI Jadi Warga Kehormatan PSHTSejumlah tokoh politik nasional juga hadir dalam peringatan seabad PSHT di Kota Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara itu, pengukuhan Jenderal Andika sebagai warga kehormatan PSHT ditandai dengan pemakaian seragam kebesaran perguruan pencak silat. Hal ini dilakukan oleh Ketua Umum PSHT Moerdjoko yang dibarengi teriakan yel-yel dari para warga PSHT dan tamu undangan. 

Adapun peringatan seabad PSHT itu dihadiri beberapa tokoh politik nasional, seperti Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti, anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Mereka lebih dulu menjadi warga kehormatan di PSHT Madiun. 

Baca Juga: PSHT Jember Ingin Tugu Perguruan Silat Dibangun Berdampingan 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya