Video Pemberian Amplop, Luhut Siap Datang Jika Dipanggil Bawaslu

Luhut berikan klarifikasi berbagai berita hoaks

Banyuwangi, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengaku siap mendatangi panggilan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait laporan dugaan pelanggaran politik uang yang dia lakukan saat mengunjungi Pondok Pesantren di Bangkalan, Madura. Praktik dugaan politik uang itu terjadi saat Luhut di pondok pesantren Nurul Cholil.

Baca Juga: Luhut Sebut Pernyataan Prabowo Tentang Kekuatan TNI Tidak Mendasar

1. Siap mendatangi Bawaslu

Video Pemberian Amplop, Luhut Siap Datang Jika Dipanggil BawasluIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Ungkapan siap mendatangi panggilan Bawaslu disampaikan Luhut usai mengunjungi rapat tiga pilar TNI, Polri dan Pemda Banyuwangi di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, Kamis (11/4). "Nggak papa kalau dipanggil ya datang," kata Luhut singkat saat dikonfirmasi, sambil berjalan pergi menyudahi wawancara.

2. Berkunjung ke Banyuwangi sebagai menteri

Video Pemberian Amplop, Luhut Siap Datang Jika Dipanggil BawasluIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Dalam kunjungannya di Banyuwangi, Luhut mengaku sedang melakukan klarifikasi terkait berita-berita hoaks yang terus beredar di media sosial jelang pemilu Pilpres dan Pileg 2019 ini. Tidak hanya ke Banyuwangi, klarifikasi berbagai kabar hoaks juga dia lakukan ke sejumlah daerah.

"Pilpres itu damai, jangan bicara berita hoaks, biar melihat kenyataan yang ada.Sekarang baru sadar banyak sekali berita hoaks di media sosial, saya sebagai menteri memberi penjelasan ke daerah-daerah, bahwa berita berita hoaks tidak benar. Saya menyayangkan ada yang bicara tidak berdasarkan data, masalah uang yang lari ke luar, tidak benar lah," katanya.

3. Mengunjungi Pondok Pesantren di Banyuwangi

Video Pemberian Amplop, Luhut Siap Datang Jika Dipanggil BawasluIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Setelah bertemu dengan jajaran tiga pilar di Banyuwangi, Luhut melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Darussalam Blok Agung, dan Pondok Pesantren Pondok pesantren Mabadiul Ihsan, Karangdoro, Kecamatan Tegalsari.

4. Video Luhut Binsar di Bangkalan mendadak viral

Video Pemberian Amplop, Luhut Siap Datang Jika Dipanggil BawasluDok.IDN Times/Istimewa

Sebuah video soal Luhut di Bangkalan tiba-tiba viral. Dalam video itu Luhut tampak menyerahkan amplop yang diduga berisi uang kepada pengasuh pondok pesantren Nurul Cholil, Bangkalan, Jawa Timur, KH Zubair Muntashor. 

Meski tak dibumbui kalimat apa pun untuk caption video itu. Netizen kemudian beranggapan Luhut sedang melakukan money politics menjelang pemilu. 

Baca Juga: Video Beri Amplop ke Kiai di Bangkalan Viral, Begini Penjelasan Luhut

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya