Sempat Terjebak di Bandara Hong-Kong, Atlet Renang Sudah Bisa Kembali

Kondisi di Bandara sudah mulai kondusif

Banyuwangi, IDN Times - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengumumkan kepastian jadwal kepulangan atlet renang Indonesia di Bandara Internasional Hong Kong ke Indonesia pada hari ini, Selasa (13/8).

Sebelumnya para atlet renang yang didelegasikan untuk mengikuti Hong Kong Open Swimming Championship sempat tertahan di bandara Internasional Hongkong akibat dampak demonstrasi besar besaran di sana.

1. Bisa kembali dengan dua penerbangan

Sempat Terjebak di Bandara Hong-Kong, Atlet Renang Sudah Bisa KembaliIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Retno mengatakan, sejak pukul 01.21 waktu setempat, pihaknya menerima kabar bahwa para atlet yang berjumlah 47 orang sudah bisa kembali terbang ke Indonesia dengan dua kloter penerbangan. Pertama pada pukul 15.51 dan 19.07 WIB waktu setempat.

"Atlet perenang di DKI yang mengikuti di Hongkong Open Swimming Champions berjumlah 47 orang. Hari ini dari pukul 01.21 dari setengah dua siang, sudah dapat update, atlet akan kembali ke Jakarta dibagi dua kloter. Yaitu kloter dengan pesawat pukul 15.51 dan 19.07 kloter kedua," kata Retno saat berkunjung di Kabupaten Banyuwangi.

2. Selain atlet, ada belasan WNI lain

Sempat Terjebak di Bandara Hong-Kong, Atlet Renang Sudah Bisa KembaliIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Selain itu, kata Retno ada 18 warga negara Indonesia lain selain atlet yang tertahan di Bandara Internasional Hongkong. Kondisinya saat ini sudah berangsur bisa melanjutkan perjalanan keluar dari Hongkong.

"Ada 18 WNI termasuk ABK yang terkena dampak terbang pesawat 1551. Rombongan Pemkot Surabaya ada dua sudah terbang. 8 WNI sudah bisa check in," kata Retno.

3. Sudah membaik dan bisa check in

Sempat Terjebak di Bandara Hong-Kong, Atlet Renang Sudah Bisa KembaliIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Saat ini, lanjutnya, proses check in di Bandara Internasional Hongkong sudah mulai berjalan normal meski aksi demonstrasi di sana masih berlangsung.

"Masalah penerbangan di Hongkong dibatalkan ketika ada kejadian tersebut, saya langsung komunikasi dengan teman di Hongkong. Situasi sudah membaik, check in sudah berlangsung tapi demo masih ada," ujarnya.

Baca Juga: Harmonis, 10 Potret Liburan Keluarga Kenang Mirdad ke Hongkong

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You