Relawan Jokowi Rela Patungan Untuk Nobar Debat Terakhir

Semua dana murni hasil patungan

Banyuwangi, IDN Times - Puluhan Relawan Jokowi Millenials (Rejomillenials) Kabupaten Banyuwangi menggelar acara nonton bareng Debat Terakhir Kandidat Capres-Cawapres 2019 di depan Stadion Diponegoro, Sabtu malam (13/4).

Baca Juga: Gelar Nobar Debat Cawapres, Timses Sebut Ma'ruf di Luar Ekspektasi

1. Biaya nobar tanpa ada suntikan dari Caleg

Relawan Jokowi Rela Patungan Untuk Nobar Debat TerakhirIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Semua biaya untuk Nonton Bareng (Nobar) merupakan hasil patungan Rejomillenials. Sejumlah artis lokal Banyuwangi yang turut menghibur pun rela tampil tanpa dibayar.

Panitia nobar debat sekaligus relawan Rejomillenials, Zulfan Tri Adji, mengaku tidak menerima donasi dari Calon Legislatif (Caleg) mana pun. Biaya nobar murni hasil patungan dari para relawan.

"Kami juga tidak menerima sumbangan dari caleg. Murni iuran dari relawan. Ada 70an relawan yang ikut iuran. Saya sendiri iuran Rp150 ribu, ada yang Rp200, bahkan Rp500 ribu," kata Zulfan.

2. Ajak untuk tidak golput

Relawan Jokowi Rela Patungan Untuk Nobar Debat Terakhirunsplash/nadineshaabana

Para Rejomillenials berhadap, dengan menggelar acara nobar debat ini bisa mengajak masyarakat agar tidak Golput. Sekaligus mengajak agar tidak bermusuhan meski memiliki pilihan yang berbeda.

"Bikin acara ini biar orang gak golput trus ayo jangan saling bermusuhan masalah beda pilihan, buat Banyuwangi tetap adem, semoga dapat percontohan di kota lainnya," ujar Zulfan.

3. Iuran untuk sewa panggung hingga soundsystem

Relawan Jokowi Rela Patungan Untuk Nobar Debat TerakhirIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Zulfan melanjutkan, iuran yang dikeluarkan digunakan untuk menyewa panggung hingga perlengkapan soundsystem.

"Acara iki pun gawe panggung nobar sound iku urunan seihklas mungkin, tanpa ada unsur pakasaan. Artis-artis itu juga relawan tanpa ada bayaran," tutur dia.

Terdapat sejumlah artis lokal Banyuwangi yang hadir, antara lain Kiki Anggun, Mahessa, Martin Kazam, dan 14 bintang tamu lainnya.

4. Gelar simulasi pencoblosan

Relawan Jokowi Rela Patungan Untuk Nobar Debat TerakhirIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Di sela jeda iklan saat menonton debat tersebut, para Rejomillenials juga mengajak penonton yang hadir untuk menggunakan hak suaranya. Para relawan melakukan simulasi cara mencoblos.

Para Rejomillenials yang hadir tampak kompak mengenakan kaos berwarna merah bertuliskan Jokowi. Meski tampak sederhana, acara nobar tetap terasa meriah terutama ketika debat kandidat berlangsung.

Salah satu penonton nobar, Meydiana Isfandari, mengaku tertarik hadir dalam acara nobar karena ini menjadi puncak dari debat capres-cawapres.

"Ini debat terakhir, ingin merasakan euforianya. Kalau di rumah nonton gak seru karena cuma sendirian," jelas dia kepada IDN Times.

Baca Juga: Masa Tenang, Alat Peraga Kampanye Masih Dijumpai di Surabaya

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya