Jokowi Tinjau Posko Pengungsian Korban Erupsi Semeru

Peta informasi bencana mendadak dipasang

Lumajang, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau lokasi pengungsian di posko utama di lapangan Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Selasa (7/12/2021).

Sekitar pukul 10.00 WIB, Jokowi tiba di posko. Presiden kemudian menyapa warga korban terdampak erupsi Semeru, sekaligus memberikan bantuan paket makanan siap saji dan santunan. Tidak lama kemudian rombongan langsung bergeser ke lokasi terdampak di Dusun Kampung Renteng, Desa Sumber Wuluh.

1. Peta yang dipasang mendadak tidak dilihat Presiden

Jokowi Tinjau Posko Pengungsian Korban Erupsi SemeruJokowi tidak sempat melihat peta informasi yang mendadak disiapkan pemerintah setempat sejak pagi. IDN Times/Ulil Albab.

Di Posko utama, Jokowi tidak sempat melihat peta informasi yang mendadak disiapkan sejak pagi. Sebelumnya, papan informasi berupa peta lokasi bencana, kawasan terdampak tidak terpasang di posko utama.

Ia juga tidak sempat meninjau dapur umum yang berada di satu tempat posko utama.

Baca Juga: Warga Ungkap Penyebab Aliran Lahar Semeru Meluap ke Pemukiman

2. Kunjungi Kampung Renteng

Jokowi Tinjau Posko Pengungsian Korban Erupsi SemeruKondisi Dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, hari keempat pascaerupsi Gunung Semeru. IDN Times/Ulil Albab.

Selama kunjungan Jokowi, kondisi jalanan macet. Rombongan yang dikawal dengan mobil patwal juga membuat abu vulkanik berhamburan di antara banyaknya warga yang melihat.

Selanjutnya, Jokowi mengunjungi kawasan terdampak Kampung Renteng. Di sana memang memang jadi salah satu kawasan terparah dampak erupsi Gunung Semeru. Dari pantauan IDN Times, kawasan pemukiman Kampung Renteng tertimbun abu vulkanik. Masuk ke sana, petugas menjaga di jembatan yang dialiri lahar.

Di sela kunjungan Jokowi, sejumlah warga masih tampak diperbolehkan masuk. Ada yang sedang menyelamatkan hewan seperti burung, hingga mengangkut harta benda seperti televisi.

3. Kunjungi Jembatan Gladak Perak

Jokowi Tinjau Posko Pengungsian Korban Erupsi SemeruRelawan memasang penghalang pada jembatan Besuk Koboan atau biasa disebut Gladak Perak yang putus di Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Kunjungan selanjutnya, Jokowi meninjau lokasi gladak perak yang putus. Gladak atau jembatan tersebut menghubungkan Kabupaten Lumajang- Menuju Malang. Akses evakuasi warga terdampak di Kecamatan Pronojiwo juga terhambat.

Baca Juga: Suasana Jelang Kedatangan Jokowi ke Lokasi Terdampak Semeru

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya