Comscore Tracker

Bukan Sepeda, Iriana Bikin Kuis Berhadiah Tumbler di Banyuwangi

Hadiah tumbler sebagai kampanye kurangi penggunaan plastik

Banyuwangi, IDN Times - Ibu Negara, Iriana Jokowi menemui puluhan Ibu-ibu di Puskesmas Gitik, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Senin (28/1). Dalam kunjungannya, Iriana memberikan sosialisasi kesehatan reproduksi wanita, seperti mendeteksi kanker leher rahim dan kanker serviks sejak dini. Selain itu, ia juga mengampanyekan gerakan stop sampah plastik.

1. Beri hadiah tumbler

Bukan Sepeda, Iriana Bikin Kuis Berhadiah Tumbler di BanyuwangiIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Kepada para Ibu-ibu, Iriana memberikan soal tanya jawab dengan hadiah tumbler. Hadiah tersebut, diharapkan bisa mengurangi limbah sampah plastik yang sudah menjadi perhatian bersama.

"Tadi sudah mendapatkan materi cara cuci tangan apa belum. Kalau sudah siapa yang berani maju akan saya beri hadiah," kata Iriana.

Baca Juga: Blak-blakan, Ibu Negara Iriana: Saya Gak Bisa Masak 

2. Kurangi sampah plastik

Bukan Sepeda, Iriana Bikin Kuis Berhadiah Tumbler di BanyuwangiIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Setelah selesai memberi tantangan, Iriana kemudian memberi hadiah tumbler sebagai kampanye perilaku mengurangi sampah plastik.

"Sekarang plastik tidak boleh digunakan lagi, tapi bertahap tidak langsung dihilangkan, ini hadiahnya tumbler," katanya.

Selanjutnya, Iriana meminta kepada Ibu-ibu menjelaskan kegunaan tes IVA (Deteksi Dini Kangker Leher Rahim) dan Sadanis untuk mendeteksi kanker serviks dan payudara.

"Inveksi visual dengan asam asetat, ini untuk cegah kanker serviks, mendeteksi sedini mungkin," Iriana menegaskan kembali.

3. Minta jelaskan jenis-jenis sampah

Bukan Sepeda, Iriana Bikin Kuis Berhadiah Tumbler di BanyuwangiIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Selanjutnya, Iriana kembali memberikan tantangan kepada Ibu-ibu yang berani maju dan menjawab pertanyaannya.

"Ayo, giliran Ibu-ibu yang ada di barisan belakang. Siapa yang bisa menjawab, jenis-jenis sampah," katanya.

Salah satu peserta, Misti, maju ke depan dan menjawab jenis sampah dan kegunaannya.

"Ada dua jenis sampah, satu organik dan non organik. Kalau organik bisa digunakan untuk kompos, kalau non organik bisa didaur ulang menjadi kerajinan," ujar Misti.

"Iya benar, ini hadiah tumbler-nya," kata Iriana. Tumbler, merupakan alat minum isi ulang yang bisa terus digunakan agar tidak banyak menggunakan botol air mineral kemasan sekali pakai.

Baca Juga: Iriana: 32 Tahun Menikah, Jokowi Belum Pernah Bilang 'I Love You'

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You