Dear Mahasiswa, Cek Info Subsidi Kuota Kemendikbud di Link Ini

Yuk cek info terbaru soal subsidi kuota dari Kemendikbud

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan laman untuk mempermudah tersedianya informasi bagi guru, siswa, dosen dan mahasiswa tentang subsidi kuota internet 2020. Informasi tersebut dapat dilihat pada laman https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Laman dan aplikasi yang disiapkan Kemendikbud dapat diakses menggunakan kuota belajar.

“Dijelaskan dalam laman tersebut kuota bantuan internet dari Kemendikbud dibagi dua, ada kuota umum dan kuota belajar. Kuota belajar ini hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran yang telah Kemendikbud siapkan guna mendukung pembelajaran jarak jauh,” kata Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbud, Evy Mulyani pada Selasa (22/09/2020).

1. Ada daftar aplikasi dan video conference dari Kemendikbud

Dear Mahasiswa, Cek Info Subsidi Kuota Kemendikbud di Link IniKepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud, Evy Mulyani (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Evy menyatakan bahwa daftar laman dan aplikasi pembelajaran yang dapat diakses menggunakan kuota belajar tersebut juga dimaksudkan untuk mengantisipasi kekhawatiran kuota data internet disalahgunakan.

Selain itu, Kemendikbud juga menyediakan daftar tersebut yang memuat aplikasi dan video conference yang utama dan secara umum banyak sekali digunakan dalam PJJ secara memadai guna pemenuhan kebutuhan PJJ.

Evy mengimbau agar guru, siswa, mahasiswa, dan dosen dapat mengakses laman tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bantuan kuota data internet. Dalam daftar tersebut juga terdapat 19 aplikasi pembelajaran, 5 video conference, 22 website, dan 401 website universitas yang sangat memadai untuk memenuhi kebutuhan PJJ.

Baca Juga: 4 Hal Penting soal Subsidi Kuota Kemendikbud yang Kamu Perlu Tahu

2. Kemendikbud pastikan Dapodik dan PDDikti akan tetap dibuka

Dear Mahasiswa, Cek Info Subsidi Kuota Kemendikbud di Link IniIlustrasi Belajar Online (IDN Times/Sunariyah)

Evy menjelaskan, pemerintah berkomitmen untuk memastikan tidak hanya sebagian tetapi seluruh guru, siswa, dosen, dan mahasiswa dapat terbantu subsidi kuota internet ini.

“Bagi guru, siswa, dosen, dan mahasiswa yang belum mendaftarkan nomor ponselnya, silakan mendaftarkan," kata dia.

Kemendikbud memastikan aplikasi Dapodik dan aplikasi PDDikti sebagai sumber data penerima bantuan kuota data internet akan tetap dibuka. Mekanisme penyaluran bantuan kuota data internet mengikuti juknis yang sebelumnya telah ditetapkan.

“Data nomor ponsel didaftarkan oleh satuan pendidikan dan verifikasi validasi dilakukan berdasarkan perguruan tinggi dan sekolah basisnya. Terkait keakuratan nomor masing-masing menjadi tanggung jawab lembaga tersebut,” ujar Evy.

3. Kemendikbud telah keluarkan Juknis Bantuan Kuota Data Internet 2020

Dear Mahasiswa, Cek Info Subsidi Kuota Kemendikbud di Link IniIlustrasi Kuliah Online (IDN Times/Candra Irawan)

Sekretaris Jenderal Kemendikbud telah mengeluarkan Petunjuk Teknis (Juknis) Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020. Dalam Juknis tersebut tertulis bahwa Pemimpin Satuan Pendidikan menerbitkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), yang menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas kebenaran data nomor ponsel yang terinput ke sistem data pokok pendidikan dan sistem pangkalan data pendidikan tinggi.

Sekjen Kemendikbud menyebutkan pembagian kuota data internet dilakukan selama empat bulan dari September sampai dengan Desember 2020. Berikut jadwal pembagiannya:

A. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama:
1. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 September 2020.
2. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 September 2020.

B. Bantuan kuota data internet untuk bulan kedua:
1. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2020.
2. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020.

C. Bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat dikirim bersamaan:
1. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020.
2. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.

Baca Juga: Kemendikbud Terbitkan Juknis Bantuan Kuota Internet 2020

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya