Comscore Tracker

Perjuangan Peserta Harlah Seabad NU, Terjebak Hampir 6 Jam di Tol

Sangking macetnya, mereka pun harus jalan kaki

Sidoarjo, IDN Times - Perayaan puncak Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Nahdatul Ulama (NU) berimbas pada kemacetan di ruas jalan Tol Sidoarjo. Para peserta memilih untuk berjalan kaki. Salah satu peserta 1 Abad NU, Risky mengatakan terjebak di jalan tol selama 5,5 jam. Ia mulai berangkat pukul 06.30 masuk di gerbang Tol Waru, dan baru bisa keluar jalan Tol sekitar pukul 11.00. 

"Saya dari tol Waru sekitar 500 meter sudah macet," kata Risky kepada IDN Times, Selasa (7/2/2023).  

Menurut pengamatannya, jalanan macet karena banyak bus-bus yang parkir di bahu tol. Sehingga, satu ruas jalan tol hanya bisa dilalui dua kendaraan saja. 

"Jadi jalannya itu macet karena kemakan bus-bus yang terparkir itu," ungkap dia. 

Karena kemacetan tersebut, peserta Harlah 1 Abad NU lebih memilih jalan kaki. Bahkan, banyak juga yang duduk di rerumputan pinggir jalan tol. "Yang saya lihat, peserta banyak  jalan kaki itu, sudah mulai dari rest area Sidoarjo," pungkas dia. Jarak rest area Sidoarjo dengan tempat puncak Harlah NU sendiri sekitar 6 kilometer.

Ribuan jemaah memang berbondong-bondong ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo, sejak Selasa (7/2/2023) dini hari. Mereka tampak bersemangat meramaikan Resepsi Puncak Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU).

Semaraknya jemaah yang disebut dengan warga Nahdliyin ini pun menimbulkan kemacetan. Tak cuma di jalan tol, di dalam kota pun kemacetan sudah mengular sejak dini hari. Pantauan IDN Times sekitar pukul 03.00 WIB, kemacetan sudah terasa selepas Layang Jenggolo Sidoarjo.

https://www.youtube.com/embed/t-B7r18Rv2Q

Baca Juga: Harlah 1 Abad NU, Sidoarjo Macet Total Sejak Dini Hari

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya