Mensos Risma Jenguk Remaja Difabel Korban Pelecehan di Surabaya

Mensos Risma akan beri pelatihan keterampilan kepada korban

Surabaya, IDN Times - Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini mendatangi rumah PI (14) penyandang difabel yang menjadi korban pelecehan seksual di Tambaksari, Surabaya, Rabu (29/6/2022). Kedatanga Risma untuk memberikan support, bantuan, termasuk alat bantu dengar.

1. Mensos beri pelatihan keterampilan

Mensos Risma Jenguk Remaja Difabel Korban Pelecehan di SurabayaMensos Tri Rismaharini (Dok. Kemensos)

Mantan Wali Kota Surabaya itu mengatakan, bantuan bukan hanya sebatas alat bantu dengar saja. Pihaknya akan memberi perhatian khusus kepada PI, salah satunya akan memberikan pelatihan keterampilan di Balai Kementerian Sosial di Solo. Pelatihan tersebut diberikan atas keinginan PI sendiri.

"Macam-macam kalau di Solo, trgantung pasion dia tertarik apa. Ada yang food, handycraft, jahit, dan sebagainya. Tergantung passion. Memang dia yang minta ke Solo," ujarnya.

Baca Juga: Gadis Difabel di Surabaya Diduga Diperkosa oleh Tetangganya

2. Mensos juga beri pendidikan formal

Mensos Risma Jenguk Remaja Difabel Korban Pelecehan di SurabayaMenteri Sosial Tri Rismaharini (Dok. Kemensos)

Selain memberikan pelatihan keterampilan, Risma bakal memberikan pendidikan formal kepada PI. Sehingga, diharapakan kedepan PI bisa hidup mandiri.

"Kita nanti di balai sekalian kita ajari baca nulis yang paling penting adalah bagaimana nanti dia kedepan bisa mandiri sebetulnya," ungkap Risma.

Baca Juga: Polrestabes Surabaya Tangkap Pemerkosa Anak Difabel 

3. PI masih jalani trauma healing

Mensos Risma Jenguk Remaja Difabel Korban Pelecehan di SurabayaIDN Times/Sukma Shakti

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya Anna Fajriatin mengatakan, PI akan berangkat ke Solo untuk melalukan pelatihan, setelah proses treatmen dan trauma healing rampung.

"Karena yang bersangkutan ini mau, nanti akan diberikan pelatihan-pelatihan di Balai Besar Solo. Insya Allah dia akan melakukan kegiatan-kegiatan pemberdayaan untuk dia sendiri," kata Anna.

Seperti diberitakan sebelumnya, PI mendapatkan kekerasan seksual dari tetangganya sendiri pada Rabu (15/6/2022) lalu. Pelaku, HA (45) pun telah dibekuk Polisi.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya