Masuk Mal Wajib Booster, Surabaya Vaksinasi 10.000 Dosis Perhari

Sebelumnya sehari hanya 3000 dosis

Surbaya, IDN Times - Semenjak pemerintah mewajibkan masuk mal dan perjalanan dalam negeri harus vaksin booster, warga Surabaya pun antusias beramai-ramai datang ke gerai-gerai vaksinasi. Dalam sehari, jumlah masyarakat yang melakukan vaksinasi di Surabaya mencapai 10.000 orang.

1. Sehari 10.000 dosis vaksin

Masuk Mal Wajib Booster, Surabaya Vaksinasi 10.000 Dosis PerhariTenaga kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 Moderna. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan, vaksinasi meningkat sejak tiga hari terakhir. Dalam sehari, ada 10.000 masyarakat Surabaya yang melakukan vaksinasi.

"Tiga hari berturut-turut ini kita rata-rata 10.000 sasaran (dosis vaksin). Sebelumnya sehari 3000 dosis," ujar Nanik kepada IDN Times, Selasa (19/7/2022).

Nanik mengamini, antusias masyatakat berbondong datang ke gerai vaksinasi karena adanya persayaratan masuk mal dan perjalanan dalam negeri wajib vaksin booster. "Iya betul (karena himbauan pemerintah)," katanya.

Baca Juga: Perjalanan Wajib Booster, Ayo Warga Surabaya Daftar di Puskesmas 

2. Dinkes Surabaya buka gerai vaksinasi di mal

Masuk Mal Wajib Booster, Surabaya Vaksinasi 10.000 Dosis PerhariPetugas menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada pengendara di pelayanan vaksinasi secara Layanan Tanpa Turun atau Drive Thru di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Ia menuturkan, selain membuka gerai vaksinasi di Puskesmas Surabaya, pihaknya juga telah membuka gerai vaksinasi di Mal di Surabaya. Diantaranya di Royal Plaza Surabaya, PTC Mall dan lain sebagainya. 

"Kita buka di Galaxy Mal buka hari Kamis, Jumat dan Sabtu. Ada di TP nanti hari Rabu dan Kamis jadwalnya menyusul dan nanti ada di Grand City dan Ciputra World," ungkap Nanik.

3. Vaksinasi juga akan dilaksanakan di Balai RW

Masuk Mal Wajib Booster, Surabaya Vaksinasi 10.000 Dosis PerhariIlustrasi vaksin COVID-19 untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Nanik mengatakan, percepatan vaksinasi ini pihaknya menggandeng Kecamatan dan Kelurahan di seluruh Surabaya. Kecamatan dan Kelurahan akan menyediakan vaksinasi di Balai RW.

"Kecamatan-kecamatan buka di Balai RW tertentu di bawah koordinasi Kecamatan. Yang nentukan tergantung Kecamatan," tutur Nanik.

"Teman-teman kecamatan dan Kelurahan mengumpulkan sasaran, kemudian dari kita yanh melakukan vaksinasi," ujar

Hingga saat ini, total capaian Vaksinasi booster di Kota Surabaya sudah mencapai 43 persen. Sementara target vaksinasi booster sendiri adalah 50 persen.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Diwajibkan, Tapi Capaian di Jatim Baru 21 Persen

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya