Comscore Tracker

Kloter Terakhir, 86 Jemaah Haji Cadangan Akan Berangkat Nanti Malam

Semoga menjadi haji yang mabrur

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 86 jemaah haji cadangan yang tergabung dalam kloter 38 sudah tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jumat (1/7/2022) malam. Mereka pun telah mengonfirmasi pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH).

1. Tergabung dalam kloter Pamungkas

Kloter Terakhir, 86 Jemaah Haji Cadangan Akan Berangkat Nanti MalamSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Sekretaris Embarkasi Surabaya, Abdul Haris mengatakan, kloter 38 tersebut tergabung dalam kloter Pamungkas Embarkasi Surabaya. Kloter tersebut ini merupakan gabungan dari 243 jemaah haji asal 23 kabupaten kota se-Jawa Timur.

"Kloter terakhir ini terdiri dari jemaah haji yang sudah terjadwal, jemaah cadangan serta beberapa jemaah mutasi masuk dari Provinsi lain," ujarnya, Sabtu (2/7/2022). 

Baca Juga: 3 Jemaah Haji Cadangan Asal Kediri Susul ke Tanah Suci

2. Akan terbang nanti malam

Kloter Terakhir, 86 Jemaah Haji Cadangan Akan Berangkat Nanti MalamSuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Mereka akan diterbangkan dari Bandara Internasional Juanda pada Sabtu (2/7/2022) pukul 20.15 WIB. Kloter 38 tersebut akan transit di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

"Untuk kloter pamungkas ini beda dengan kloter sebelumnya. Pada kloter ini, pesawat akan transit terlebih dahulu di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang untuk menjemput 119 jemaah haji Palembang, sekaligus isi BBM pesawat di Bandara Palembang," ungkap Haris.

3. Jemaah yang sempat tertunda juga akan ikut terbang

Kloter Terakhir, 86 Jemaah Haji Cadangan Akan Berangkat Nanti Malamilustrasi haji (IDN Times/Aditya Pratama)

Ia menuturkan, semua jemaah haji yang tertunda keberangkatannya karena sakit dan dirawat di RS Haji akan bergabung bersama dengan kloter 38. Setidaknya ada 7 orang yang keberangkatannya tertunda.

"7 orang tersebut, 4 sakit yang sempat dirawat Rumah Sakit Haji Surabaya dari Kabupaten Kediri, Mojokerto dan Jombang serta 3 orang pendampingnya. Alhamdulillah 4 orang tersebut sudah sehat dan bisa berangkat bergabung dengan kloter terakhir ini," pungkasnya.

Baca Juga: Sakit Kanker Serviks, Jemaah Haji Asal Tulungagung Meninggal Dunia

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya