Comscore Tracker

135 Kucing Ditelantarkan Pemilik, Silakan yang Mau Adopsi 

Ayo siapa mau adopsi kucing?

Surabaya, IDN Times - Nasib 135 kucing yang ditelantarkan pemiliknya akhirnya mendapat titik terang. Berbagai komunitas pencinta kucing membantu menyelamatkan nasib mereka. Salah satu pencinta kucing dari komunitas Catscats.id, Novita Eka Kristiana mengatakan, ada 135 ekor kucing dan satu ekor anjing dalam ruko tersebut. Dari empat lantai di ruko tersebut, hampir semua dihuni kucing.

"Lantai pertama 55 kucing, kedua ada 13 kucing, lantai ketiga 55 dan lantau atas ada 12 kucing," ujarnya saat ditemui di Ruko yang berada di jalan Bukit Golf, Dukuh Pakis, Surabaya. Mereka kini pun membuka kesempatan untuk semua pihak yang ingin mengadopsi kucing-kucing tersebut.

Kabar ini sendiri sebelumnya viral di beberapa akun Instagram pencinta hewan. Saat itu, mereka menyebut ada 120 ekor kucing yang ditelantarkan oleh pemiliknya. Kucing-kucing malang itu dibiarkan tak terawat di sebuah ruko di daerah Surabaya Barat.

1. Kucing dalam kondisi mengenaskan

135 Kucing Ditelantarkan Pemilik, Silakan yang Mau Adopsi Kondisi ruko di Surabaya yang dipenuhi dengan kucing, Senin (23/5/2022). (IDN Times /Khusnul Hasana)

Ia menuturkan, semua kucing-kucing tersebut dalam kondisi mengenaskan. Hal tersebut karena, kotoran kucing sudah menumpuk di kandang dan luar kandang.

"Kalau makanan sudah dikasih setiap hari, jadi gk terlalu lapar. Tapi harus segera diselamatkan, karena ini kan nyawa, dari pada ada yang mati2 karena ini bakteri," ungkapnya.

Bahkan ada kucing yang baru lahir, dimakan oleh induknya. Hal tersebut dirasa sangat mengenaskan.

2. Komunitas kucing membuka kesempatan adopsi

135 Kucing Ditelantarkan Pemilik, Silakan yang Mau Adopsi Kondisi ruko di Surabaya yang dipenuhi dengan kucing, Senin (23/5/2022). (IDN Times /Khusnul Hasana)

Sejuah ini, komunitas kucing akan membantu mengevakuasi kucing-kucing tersebut dengan membuka adopsi. Siapapun bisa mengadopsi kucing-kucing tersebut.

"Dua sampai tiga hari lepas adopsi, kalau ada warga Surabaya yang mau ya udah gak mau gk papa," tutur Novi.

Jika dalam dua hingga tiga hari, masih ada kucing yang tersisa. Maka kucing-kucing tersebut akan dipindahkan ke shleter kucing yang ada di luar Kota Surabaya.

"Pemiliknya sudah meninggalkan. Sudah dihubungi gak bisa, itu kan sudah termasuk penelataran," sebutnya. Saat ini, pihaknya hanya berusaha untuk menyelamatkan kucing-kucing tersebut dari ruko.

3. Ruko sudah ditinggalkan penyewa

135 Kucing Ditelantarkan Pemilik, Silakan yang Mau Adopsi Kondisi ruko di Surabaya yang dipenuhi dengan kucing, Senin (23/5/2022). (IDN Times /Khusnul Hasana)

Sementara itu, pemilik ruko yakni Michelle menuturkan sejak tanggal 17 Mei lalu, pihaknya sudah meminta penyewa ruko untuk mengambil kucing-kucing tersebut. Namun, pemilik kucing tidak bisa dihubungi.

"Tapi, tidak diambil, akhirnya orang saya yang saya suruh kasih makan setiap hari. Satu hari makanan 7 kg," ujar Michelle.

Karena merasa keberatan, pemilik ruko tersebut pun meminta bantuan kepolisian dan kelurahan. Kemudian pihak kelurahan menyarankan untuk melapor ke Pemadam Kebakaran.

"Jadi semua proses sudah kita lalui Kemudian viral, akhirnya dengan bantuan teman-teman pecinta kucing semoga semua masalah bisa terselesaikan, nyawa-nyawa kucing bisa terselamatkan, karena disini ada ribuan nyawa kucing," pungkasnya.

Baca Juga: Sedih, 120 Ekor Kucing di Surabaya Ditinggalkan Pemiliknya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya