Comscore Tracker

Sandiaga Uno Sebut Akan Jadi Orang Pertama yang Beli Mobil Esemka

Sandiaga minta mobil Esemka tidak dipolitisasi

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden, Sandiaga Uno, menyatakan ingin menjadi salah satu pembeli pertama mobil Esemka, apabila nanti siap diproduksi massal. Hal itu ia ungkapkan kala disinggung keberpihakannya mengenai industri otomotif dalam negeri.

Baca Juga: Ditanya Mobil Esemka, Presiden Jokowi: Gak Ada Urusan Pemerintah

1. Sandiaga bangga pada mobil Esemka

Sandiaga Uno Sebut Akan Jadi Orang Pertama yang Beli Mobil EsemkaDok. IDN Times/Istimewa

Menurut Sandiaga, memiliki mobil nasional seperti Esemka merupakan suatu kebanggaan. Sebab menurutnya, dengan memiliki mobil karya bangsa menunjukkan keberpihakan terhadap kemajuan industri dalam negeri.

"Menurut saya ini bentuk keberpihakan, keberpihakan terhadap industri otomotif Esemka itu harus kita dukung, dan saya menyatakan kalau Esemka keluar saya mau jadi orang yang pertama membelinya," paparnya di Pusat Media Prabawo-Sandiaga, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (7/11).

2. Mobil Esemka jangan dipolitisasi

Sandiaga Uno Sebut Akan Jadi Orang Pertama yang Beli Mobil EsemkaIDN Times/Irfan Fathurohman

Menurut Sandiaga, sudah sepatutnya semua pihak mendukung hal yang berkaitan dengan pembangunan industri dalam negeri, walaupun memiliki warna politik yang berbeda.

"Bahkan menurut saya hal ini tidak usah dibawa ke politik, kalau hadir industri otomotif Esemka yang membuat kita bangga ya harus kita dukung," paparnya.

3. Sandiaga ingin teknologi pada mobil Esemka diperbaharui

Sandiaga Uno Sebut Akan Jadi Orang Pertama yang Beli Mobil EsemkaFacebook/Esemka.Id

Lebih lanjut, Sandiaga menyarankan kepada pemerintah, agar mobil Esemka diperbaharui teknologinya  ke arah yang lebih modern dan ramah lingkungan.

"Sebab teknologi kan sudah diarahkan kesana, kalau dihadirikan dengan teknologi tinggi dan ramah lingkungan paling tidak kita punya pangsa pasar ke sana. Dan apalagi kalau kita produksinya bisa kaya Astra, bisa di ekspor," katanya. 

Perlu diketahui, mobil Esemka adalah mobil buatan siswa Sekolah Menengah Kejuaraan SMK Negeri 5 Surakarta Jawa Tengah, dan sempat diperkenalkan ke publik oleh Joko Widodo saat dirinya menjabat sebagai Walikota Solo.

Baca Juga: Bila Terpilih Wakil Presiden, Ini Kebijakan Sandiaga Uno untuk Santri 

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You