5 Harapan Warga Eks Lokalisasi Dolly untuk Presiden & Wapres Terpilih

Yang penting ingat janji-janjinya selama kampanye

Surabaya, IDN Times - Hari ini (17/4), warga eks lokalisasi Dolly di kawasan Putat Jaya Timur, Surabaya, ikut berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum 2019. Warga yang terdampak penutupan lokalisasi ini mengungkapkan harapan dan pesan-pesannya kepada pemerintahan baru yang nantinya terpilih.

1. Febri Ardana, 18, "Lapangan pekerjaan diperbanyak!"

5 Harapan Warga Eks Lokalisasi Dolly untuk Presiden & Wapres TerpilihIDN Times/Indra Zakaria

Pemilu 2019 ini menjadi yang pertama buat Febri. Lulusan SMA ini mengaku bingung saat berada di bilik suara, karena melihat begitu banyak nama calon legislatif alias caleg yang tak dia kenal.

"Tadi asal nyoblos aja (DPR dan DPRD), soalnya gak kenal juga dan gak pernah tahu," kata Febri.

Febri yang mengaku mendukung paslon 01 ini pun mengungkapkan harapannya agar pemerintahan baru nanti, siapa pun yang terpilih, wajib memperbanyak lapangan pekerjaan. "Kan saya ini masih nganggur, jadi ya saya berharap nanti pemerintah yang terpilih bisa memperbanyak lapangan kerja dan lebih baik lagi lah," katanya.

2. Yuli, 52, "Harga-harga sembako jangan naik terus!"

5 Harapan Warga Eks Lokalisasi Dolly untuk Presiden & Wapres TerpilihIDN Times/Indra Zakaria

Pengusaha laundry rumahan di kawasan Putat Jaya Timur ini mengaku bingung saat menyoblos. Pasalnya, ia tak mengenal siapa saja caleg yang tercantum di kertas suara.

"Gak ada yang kenal sama sekali, soalnya gak ada yang pernah masuk (kampanye) di sini. Bahkan sosialisasi memilih pun gak pernah, jadi tadi bingung. Ini gimana caranya nyoblos ya gak tahu, bingung," ujar Yuli.

Ditanya soal harapannya, wanita 52 tahun itu mengaku mewakili emak-emak di sana ingin pemerintahan baru bisa memperbaiki ekonomi. Terutama soal harga-harga di pasaran.

"Ya, penginnya masalah ekonomi bisa merata. Terus harga-harga sembako biar gak naik terus. Pekerjaan itu mudah, sekolah itu jangan berbelit-belit dan mahal gitu, lho. Pokoknya rakyat itu pengin damai," katanya

3. Nanda, 28, "Siapa pun yang terpilih, pendukung 01 atau 02 harus legowo"

5 Harapan Warga Eks Lokalisasi Dolly untuk Presiden & Wapres TerpilihIDN Times/Indra Zakaria

Nanda, seorang wirausaha berusia 28 tahun ini mengaku mendukung paslon 02 di Pemilu kali ini. Dia berharap para pendukung bisa bijak dan legowo menerima hasil penghitungan suara nanti.

"Ya, siapa pun yang terpilih, paling gak kita sama-sama warga negara harus bisa menerima, baik dari sisi pemilih 01 atau 02. Intinya legowo, karena kita sama-sama warga negara," tutur Nanda. "Kalau gak terima pemimpin 01 atau 02 ya mending pindah negara saja!"

Baca Juga: Ada Avengers Awasi Pemilu di Surabaya, biar Gak Ada yang Golput

4. Haidar Indra, 22, "Jangan lupakan visi misi"

5 Harapan Warga Eks Lokalisasi Dolly untuk Presiden & Wapres TerpilihIDN Times/Indra Zakaria

Haidar Indra, mahasiswa berusia 22 tahun ini mengungkapkan kebingungannya pada Pemilu kali ini. Terutama soal caleg yang harus dipilih. "Terlalu banyak caleg jadi bingung, tapi untung ada yang tahu satu dan dua dari sosial media. Jadi ya pilih itu aja," ucap Haidar.

Dia berharap para caleg dan paslon yang nanti terpilih tidak melupakan janji-janjinya selama kampanye. "Kalau bisa juga bantu perbanyak lapangan pekerjaan biar gak banyak anak muda nganggur," tuturnya.

5. Novi, 38 "Ekonomi bisa meningkat, biar saya bisa bayar uang sekolah anak"

5 Harapan Warga Eks Lokalisasi Dolly untuk Presiden & Wapres Terpilih

Terakhir, Novi yang dulunya bekerja sebagai buruh cuci untuk para pekerja seks komersial di lokalisasi Dolly berharap pemerintah baru bisa memperbaiki keadaan ekonomi negara, terutama di wilayahnya.

"Jangan korupsi gitu. Bisa lebih baik lagi Indonesianya, kalau bisa lahan pekerjaannya makin banyak. Susah cari kerja setelah Dolly ditutup ini," kata ibu dua anak itu.

Menurut Novi, sejak Dolly ditutup, warga sekitar kesusahan mencari pekerjaan yang menghasilkan banyak uang. "Dulu pemasukan banyak, sekarang jadi penjaga kantin berapa sih pemasukannya. Gak cukup!" ujarnya. "Ini aja saya sampai belum bayar uang sekolah anak saya."

Nah, itulah beberapa harapan warga eks lokalisasi Dolly untuk presiden dan wakilnya yang terpilih nanti. Kamu sendiri gimana nih?

Baca Juga: Serba Hitam, Begini Suasana Pemilu di Eks Lokalisasi Dolly Surabaya 

Topik:

  • Dewi Suci Rahayu

Berita Terkini Lainnya