Hasto Ingatkan Bacabup Tak Kirim Uang ke DPP Agar Dapat Rekom

Biaya kemenangan bupati akan ditanggung secara gotong royong

Tuban, IDN Times- Sekertaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengimbau kepada calon kepala daerah agar tidak meladeni permintaan sumbangan uang yang mengatasnamakan partainya.

Menurutnya, DPP PDI Perjuangan hanya akan merekomendasikan calon bupati dan wakil kepala daerahnya berdasarkan tingkat elektabilitas, mempunyai kecakapan dalam memimpin serta berkomitmen memperjuangkan kepentingan masyarakat Tuban.

1. PDI Perjuangan bakal mencoret calon yang kirim uang

Hasto Ingatkan Bacabup Tak Kirim Uang ke DPP Agar Dapat RekomSekertaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat berpidato di hadapan ratusan kader PDIP Tuban. IDN Times/Imron

Jika terbukti memberikan atau mentransfer uang kepada oknum yang mengatasnamakan DPP PDI Perjuangan, maka partai akan mencoret calon itu. "Kami ingatkan sekali lagi bagi calon kepala daerah atau wakilnya, jangan memberikan uang yang mengatasnamakan DPP PDI Perjuangan, jika ada maka kami akan coret dia," kata Hasto saat menemui ratusan kader di Tuban, Senin sore (9/12).

Baca Juga: Tertimpa Banner Bacabup, Pria Tuban Ini Alami Luka Sobek Pada Wajah

2. Dana kemenangan calon harus digalang melalui sistem gotong royong

Hasto Ingatkan Bacabup Tak Kirim Uang ke DPP Agar Dapat RekomAktraksi pencak silat menyambut kedatangan Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. IDN Times/Imron

Calon yang bakal diusung PDI Perjuangan, lanjut Hasto juga tidak dimintai uang atau mahar. Namun untuk biaya kemenangan calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung di Pilkada akan ditanggung oleh semua kader. Misalnya PDIP yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD kabupaten/provinsi atau DPR RI harus mau membiayai kemenangan calon bupati.

3. Bacabup harus benar-benar memperjuangkan kepentingan rakyat

Hasto Ingatkan Bacabup Tak Kirim Uang ke DPP Agar Dapat RekomSekertaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat menemui ratusan kader banteng di Tuban. IDN Times/Imron

Ia pun meminta agar penjaringan bakal calon kepala daerahTuban harus benar-benar mempertimbangkan dengan baik siapa yang nantinya bakal dicalonkan. Tujuannya agar pemimpin yang dihasilkan oleh PDI Perjuangan benar-benar merakyat.

"Dulu pak Jokowi mau maju menjadi Gubernur Jakarta, Ibu Megawati Soekarnoputri mengumpulkan kepala daerah, mereka diminta untuk gotong royong demi kemenangan beliau. Jadi calon di Tuban nantinya juga harus seperti itu mulai dari DPC hingga anak ranting kita harus seperti itu," ungkapnya.

4. Bakal melakukan fit and proper test bagi calon kepala daerah

Hasto Ingatkan Bacabup Tak Kirim Uang ke DPP Agar Dapat RekomSekertaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat menemui ratusan kader banteng di Tuban. IDN Times/Imron

Usai melakukan penjaringan bacabup, tahap berikutnya yang dilakukan partai adalah melakukan survei elektabilitas calon bupati itu sendiri. Setelah itu baru dilakukan fit and proper test di tingkat DPD hingga DPP. "

Untuk menghasilkan pemimpin dari PDI Perjuangan yang baik, semua harus dilakukan sesuai prosedur mulai dari penjaringan hingga tes bagi para calon, dan ini berlaku tidak hanya di Tuban saja melainkan kabupaten kota yang menggelar pilkada," pungkasnya.

Baca Juga: Hasto Bertemu Risma, PDIP Segera Umumkan Jagoan di Pilgub

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya