Wali Kota Malang dan Jajarannya Ikut Bersihkan Sisa Aksi yang Ricuh 

Wali Kota Malang turut sampaikan pesan damai

Malang, IDN Times - Apel pagi hari Jumat (9/10) dilanjutkan dengan kerja bakti membersihkan lingkungan di sekitar Balai Kota Malang, DPRD Kota Malang, dan Alun-Alun Tugu yang rusak akibat aksi massa rusuh yang terjadi Kamis (8/10) kemarin. Menanggapi hal ini, Sutiaji selaku Wali Kota Malang mengimbau masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya dengan damai.

Baca Juga: Ricuh di Malang, Mobil Patroli Pengawal Dibakar

1. Gotong royong untuk membersihkan area yang mengalami kerusakan

Wali Kota Malang dan Jajarannya Ikut Bersihkan Sisa Aksi yang Ricuh IDN Times/Pemkot Malang

Bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara di lingkungan Balai Kota Malang dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Malang, Sutiaji melakukan aksi bersih-bersih di berbagai area terdampak. Hal ini lantaran sejumlah oknum tak bertanggung jawab yang melakukan aksi perusakan.

Bersama Sutiaji, tergabung pula jajaran Camat dan Lurah di lingkungan Balai Kota Malang yang ikut gotong-royong bersama. Tentunya, para perangkat daerah ini tetap menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan sepanjang kegiatan.

2. Sutiaji imbau untuk suarakan aspirasi dengan cara yang baik

Wali Kota Malang dan Jajarannya Ikut Bersihkan Sisa Aksi yang Ricuh Wali Kota Malang, Sutiaji turun langsung dalam sidak di tempat kepada pelanggar tak bermasker. IDN Times/ Alfi Ramadana

Menyampaikan aspirasi adalah sendi dari negara demokrasi. Namun, Sutiaji berharap massa aksi bisa melakukannya dengan cara yang baik. Di depan awak media, Sutiaji menjelaskan bahwa menyampaikan aspirasi merupakan hak yang dilindungi oleh undang-undang. Hanya saja, ia mengecam jika kegiatan aksi diwarnai dengan aksi perusakan fasilitas umum.

“Jadi silahkan jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan menyampaikan aspirasi itu boleh-boleh saja, kita dilindungi undang-undang dan itu adalah dinamika demokrasi kita. Tapi ketika dengan cara-cara anarkis maka sangat bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar dan ciri dari Indonesia, apalagi arema Malang yang selalu memberikan contoh kebaikan kebersamaan kita semua. Kami kecam itu, menyampaikan aspirasi silakan tapi dengan cara-cara yang baik,” ujar Sutiaji.

3. Kerusakan yang terjadi

Wali Kota Malang dan Jajarannya Ikut Bersihkan Sisa Aksi yang Ricuh Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan mobil yang dibakar. IDN Times/ Alfi Ramadana

Kejadian unjuk rasa pada Kamis (8/10) lalu menyisakan kerusakan di beberapa lokasi. Mulai dari Jalan Majapahit, Jalan Gajahmada, Jalan Kertanegara, hingga Jalan Kahuripan. Wali Kota Malang Sutiaji dengan tetap mengenakan masker mengitari dan meninjau seluruh kawasan taman untuk melihat langsung bagaimana kondisinya. 

Tercatat ada satu unit mobil milik Pemerintah Kota Malang yang rusak terbakar dan empat unit mobil mengalami pecah kaca belakang serta rusak berat. Namun, Pemerintah Kota Malang masih belum memastikan berapa besar kerugian yang ditimbulkan, karena masih dalam proses inventarisasi. 

"Untuk fasilitas umum, kalau rambu-rambu kurang lebih ada 20 rambu yang dicabut. Taman juga rusak, ada tempat sampah dimasukkan ke kolam juga. Beberapa lampu penerangan juga CCTV ikut rusak. Belum kita taksir jumlah kerugiannya," ujar Wali Kota Malang Sutiaji.

4. Sutiaji berharap Malang kembali kondusif

Wali Kota Malang dan Jajarannya Ikut Bersihkan Sisa Aksi yang Ricuh IDN Times/Pemkot Malang

Saat ini, aksi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja mulai mereda di Malang. Sutiaji sendiri telah berjanji untuk menyampaikan aspirasi tuntutan massa aksi ke pemerintah pusat. Untuk itu, ia berharap agar Malang bisa kembali kondusif, aman, dan tentram. Apalagi saat ini pandemik masih belum juga angkat kaki dari Indonesia.

Tak lupa, Sutiaji juga mengingatkan agar jangan sampai muncul klaster-klaster penularan baru. Sehingga, masyarakat Malang tetap dihimbau untuk selalu memakai masker, tetap jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun. (CSC)

Baca Juga: Demo di Malang Ricuh, Sutiaji Sarankan agar Ajukan Judicial Review

Topik:

  • Karsa Adiguna
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya