Tips Bisnis Bisa Bertahan Sampai Generasi Ketiga: Jangan Banyak Istri!

Ini jawabannya pemilik PT Djarum lho ya

Jakarta, IDN Times – Dalam acara talkshow Indonesia Millennial Summit (IMS) 2019 sesi Building a Brand and a Legacy, bos dan pemilik PT Djarum, Victor R Hartono, berbagi tips supaya bisnis yang kita bangun bisa bertahan hingga generasi ketiga.

Berawal dari pertanyaan seorang penonton tentang bagaimana cara bisnis kita bisa bertahan hingga generasi ketiga, dan mitos tentang bisnis yang akan menurun di generasi ketiga.

Direktur PT Indofood, Axton Salim, menjadi orang pertama yang berbagi tips. Ia menyebutkan cara yang paling penting yaitu memahami pasar, pelanggan, dan alat penjualan menjadi hal yang penting.

Selanjutnya Marketing Manager Ciputra Group Cipta, Harun Ciputra, mengatakan hal yang paling penting adalah ego.

“Masalahnya itu kebanyakan generasi ketiga dan keempat ingin certain influence, certain jabatan. Tapi kalau kita bisa mementingkan share holder value, mementingkan itu, saya jabatan apa aja oke, influence apa saja oke. Asal share holder naik, asal kepentingan perusahana dan kepentingan pribadi dalam posisi yang sangat bagus. Itu yang paling bahaya, ego,” jelasnya.

Victor lalu menambahkan, bahwa ego yang muncul bisa bermacam-macam. Dalam sebuah kelas yang pernah ia ikuti di Hong Kong, cara paling mujarab adalah jangan banyak anak dan istri.

“Istri satu saja dan anak jangan banyak-banyak. Kenapa ego itu kejadian, sorry biasanya orang Tionghoa istrinya lima, ya jelas aja ego kejadian, anaknya banyak,” ujar Victor yang disambar tawa penonton.

“Gak cuma orang Tionghoa saja, orang Islam juga istri lebih dari satu,” kata Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Muhammad Lutfi menimpali jawaban Victor.

Victor melanjutkan, semakin sedikit istri dan anak, akan memperkecil perseteruan.

“Memperkecillah. Soalnya kalau anak istri ini sama anak istri satu lagi, wah bisa berantem. Kalau chapter duanya ‘Jangan boros’,” tegas Victor.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2019. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini dilangsungkan pada tanggal 19 Januari 2019 di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta.

IMS 2019 menghadirkan lebih dari 50 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial terbesar di tanah air ini akan dihadiri oleh 1500-an pemimpin millennial.

Baca Juga: IMS 2019: Hernie Raharja Sebut Ada Dua Macam Wanita

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya