3 Titah Presiden Jokowi untuk Tanggulangi Banjir Besar

Banjir di Jabodetabek sudah mencapai area-area publik vital

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menitahkan berbagai elemen masyarakat terkait banjir besar yang melanda sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya. Pertama, dia memerintahkan BNPB, pemerintah provinsi dan SAR untuk memastikan keselamatan warga yang terdampak banjir.

"Yang paling penting ini adalah yang berkaitan dengan keselamatan warga dinomorsatukan," katanya di Gedung Agung, Yogyakarta, Rabu (1/1).

Eks Gubernur DKI Jakarta ini juga menitahkan agar normalisasi berbagai fasilitas umum yang terdampak banjir. "Karena ini sudah masuk di Jakarta sudah masuk ke Halim, sudah masuk ke Tol Cikampek, kemudian juga di beberapa objek vital, saya kira ini harus segera dinormalisasi sehingga fungsi-fungsi itu kembali menjadi normal," ujarnya.

Terakhir, ia menitahkan agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah bekerja sama secara aktif menanggulangi banjir ini.

"Karena pemerintah pusat memang ini baru dalam proses dan belum selesai, misalnya waduk Cimahi, waduk Ciawi, mungkin baru tahun depan selesai. Tetapi di luar itu, semuanya harus selesai. Saya tadi sudah perintah Menteri PU untuk cek lapangan," kata Jokowi.

Baca perkembangan terkini seputar banjir dan artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Dengan Mencontoh Bangkok, Sebenarnya Jakarta Bisa Bebas dari Banjir! 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya