Comscore Tracker

Vaksinasi COVID-19 bagi Calon Jemaah Haji Dipastikan Gratis

Tidak ada biaya tambahan yang harus diberikan

Surabaya, IDN Times - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa para calon jemaah haji wajib mendapatkan vaksinasi COVID-19 sebelum bisa berhaji. Vaksinasi ini merupakan bagian dari program pemerintah dan tidak akan dibebankan kepada masyarakat.

1. Vaksin untuk calon jemaah haji gratis

Vaksinasi COVID-19 bagi Calon Jemaah Haji Dipastikan GratisMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai acara peluncuran buku oleh FDK UINSA Surabaya, Jumat (26/3/2021). IDN Times/Fitria Madia

Yaqut mengatakan bahwa ia telah meminta sebagian kuota vaksinasi kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi untuk diberikan kepada para calon jemaah haji. Oleh karena itu, vaksin tersebut gratis dan tidak dipungut biaya tambahan apapun.

"Kan vaksin itu semua untuk Warga negara gratis oleh pemerintah diberikan. Ini soal prioritas aja," ujar Yaqut usai acara peluncuran buku sekaligus HUT ke-50 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya, Jumat (26/3/2021).

Baca Juga: Ucapkan Natal, Menteri Agama Imbau Perayaan Dilakukan Sederhana

2. Target vaksinasi selesai pada akhir Mei

Vaksinasi COVID-19 bagi Calon Jemaah Haji Dipastikan GratisMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat acara peluncuran buku oleh FDK UINSA Surabaya, Jumat (26/3/2021). IDN Times/Fitria Madia

Masyarakat yang terdaftar untuk berangkat haji tahun ini pun akan dijadikan prioritas vaksinasi setelah para lansia. Yaqut menargetkan vaksinasi calon jemaah haji ini rampung setidaknya di bulan Mei 2021. Sehingga masih ada waktu sebelum keberangkatan agar vaksin bisa bekerja maksimal dalam tubuh.

"Secepatnya divaksinasi. Sebelum target kita di Mei akhir, semua calon jemaah haji sudah divaksin," ungkapnya.

3. Diperkirakan kuota haji akan dikurangi

Vaksinasi COVID-19 bagi Calon Jemaah Haji Dipastikan GratisMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai acara peluncuran buku oleh FDK UINSA Surabaya, Jumat (26/3/2021). IDN Times/Fitria Madia

Selain wajib vaksinasi, Yaqut memperkirakan Kerajaan Arab Saudi akan memangkas kuota haji di tahun 2021 untuk mencegah penularan COVID-19 besar-besaran. Meski demikian, ia mengaku belum mengetahui kepastian terkait perizinan haji pada tahun 2021 ini. 

"Yang tahu ya kerjaan Saudi. Ya pasti kita bicara terus dan mereka sudah melakukan persiapan, skenario-skenario, ya kita tunggu saja. Sabar saja," tutupnya.

Baca Juga: Menag: Pandemik COVID-19 Pengaruhi Kenaikan Biaya Haji 2021

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya