Termasuk Mendesak, Rapat Paripurna Pemberhentian Risma Segera Digelar

DPRD Kota Surabaya sudah terima surat dari Kemendagri

Surabaya, IDN Times - DPRD Kota Surabaya akan segera melaksanakan rapat paripurna untuk membahas pemberhentian Tri Rismaharini sebagai Wali Kota Surabaya sekaligus pengangkatan Whisnu Sakti Buana yang akan menggantikannya. Rencananya, rapat ini akan digelar pada Senin (28/12/2020).

1. Surat perintah rapat paripurna sudah diterima DPRD Kota Surabaya

Termasuk Mendesak, Rapat Paripurna Pemberhentian Risma Segera DigelarKetua DPC PDIP Surabaya, Adi Sutarwijono. Dokumentasi DPC PDIP Surabaya

Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono mengatakan bahwa surat dari Kementerian Dalam Negeri terkait pemberhentian Risma dan pengangkatan Whisnu sudah ia terima. Namun, surat tersebut belum bisa ia tindak lanjuti lantaran hari ini, Jumat (25/12/2020), merupakan hari libur Natal.

"Kalau surat kawat dari Kemendagri dan surat Gubenur Jawa Timur tentang pengangkatan Plt Wali Kota sudah kami terima, tentu akan menjadi agenda pembahasan Rapat Pimpinan DPRD," ujar politikus yang akrab disapa Awi tersebut.

2. Termasuk dalam kepentingan mendesak

Termasuk Mendesak, Rapat Paripurna Pemberhentian Risma Segera DigelarWakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat ditemui di kantor DPRD Surabaya, Senin (21/10). IDN Times/Fitria Madia

Awi memastikan bahwa setelah hari libur ini, pihaknya akan segera menindaklanjuti surat perintah tersebut. Pasalnya, pergantian jabatan Risma ke Whisnu amat mendesak untuk menjalankan roda pemerintahan di Kota Surabaya.

"Karena sifatnya urgent, kami harus menyikapi sesegera mungkin. Termasuk menggelar Rapat Paripurna DPRD Kota Surabaya untuk usulan pemberhentian Walikota Surabaya, karena Ibu Tri Rismaharini sudah diangkat menjadi Menteri Sosial. Seperti perintah Kemendagri melalui surat kawat itu," ungkapnya.

Baca Juga: Khofifah Tegaskan Risma Otomatis Berhenti dari Wali Kota Surabaya

3. Akan mulai dibahas pada Senin pekan depan

Termasuk Mendesak, Rapat Paripurna Pemberhentian Risma Segera DigelarMenteri Sosial Tri Rismaharini (Dok. Kemensos)

Awi mengatakan bahwa kemungkinan persiapan paripurna tersebut akan mulai dibahas pada Senin (28/12/2020), pekan depan. Saat itu, pihaknya sudah teragendakan untuk melakukan sejumlah rapat. Ia berharap rapat paripurna pemberhentian Risma dan pengangkatan Whisnu bisa terlaksana secepatnya.

"Kebetulan Senin 28 Desember 2020 kami ada sejumlah rapat-rapat. Termasuk Rapat Pimpinan DPRD Surabaya," tuturnya.

Baca Juga: Ingin Segera Diresmikan oleh Risma, Ini Penampakan Jembatan Joyoboyo

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya