Surabaya Selalu Tergenang Saat Hujan, Whisnu Gelar Rapat Khusus

Genangan diduga juga diakibatkan air rob

Surabaya, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi banjir rob di Kota Surabaya berkaitan dengan naiknya elevasi air laut. Untuk mencegah hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana bersama jajarannya menggelar rapat khusus.

1. Genangan terjadi di beberapa titik di Kota Surabaya saat hujan

Surabaya Selalu Tergenang Saat Hujan, Whisnu Gelar Rapat KhususGenangan di wilayah Ketintang, Sabtu (5/12/2020). Dok istimewa

Whisnu mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi beberapa hari terakhir selalu timbul genangan di beberapa titik di Kota Surabaya ketika hujan deras mengguyur. Hal ini diduga akibat adanya kenaikan elevasi air laut dalam tiga hari terakhir.

"Memang terjadi genangan di beberapa titik. Terutama di wilayah Surabaya barat. Ini karena ada kenaikan elevasi air laut menurut BMKG," ujar Whisnu, Rabu (30/12/2020).

2. Genangan karena elevasi air laut naik

Surabaya Selalu Tergenang Saat Hujan, Whisnu Gelar Rapat KhususPeta Rawan Genangan Banjir Rob Wilayah Surabaya Utara. Dok RPJMD Kota Surabaya tahun 2016-2021

Ia menjelaskan, karena kemarin elevasi air laut naik, sehingga beberapa pompa di Balongsari harus dimatikan. Ini dilakukan agar air tidak meluber ke pemukiman warga di sekitar. Sehingga proses surutnya genangan yang terjadi di beberapa titik menjadi lebih lama.

“Karena hanya satu pompa, sehingga genangan surutnya membutuhkan waktu yang lama,” tuturnya.

3. Wilayah Surabaya Barat minim serapan

Surabaya Selalu Tergenang Saat Hujan, Whisnu Gelar Rapat KhususGenangan di perumahan warga wilayah Wiyung, Sabtu (5/12/2020). Dok istimewa

Apalagi menurut Whisnu, wilayah barat Surabaya berbeda dengan Surabaya Timur. Di Surabaya Barat, sangat minim lahan untuk resapan air karena langsung berbatasan dengan banyaknya bangunan pabrik. Sedangkan, di wilayah Surabaya Timur terdapat hutan kota mangrove serta tambak sehingga bisa meminimalisir dampak kenaikan elevasi air laut.

“Nah ini yang perlu kita evaluasi nanti di Surabaya Barat, kalau misalkan memungkinkan perlu kita rancang bikin waduk atau bozem yang lebih besar lagi,” ungkapnya.

4. Gelar rapat khusus bahas genangan

Surabaya Selalu Tergenang Saat Hujan, Whisnu Gelar Rapat KhususPlt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. Dok Humas Pemkot Surabaya

Oleh karena itu, Whisnu menggelar rapat khusus bersama jajarannya untuk menghadapi ancaman banjir rob dan genangan akibat naiknya elevasi air laut. Ia mencari jalan keluar menghindari ancaman tersebut selain antisipasi yang sudah mereka lakukan sejauh ini.

"Makanya ini juga akan kita antisipasi. Kita akan rapat khusus bagaimana menangani itu agar tidak sampai ada genangan yang lebih lama," pungkasnya.

Baca Juga: WS Bakal Undang Risma Resmikan Dua Ikon Baru Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya