Comscore Tracker

Sebut Anies Capres, Ketua PWNU Jatim: Hanya Candaan Anak Kecil

Celetukannya saat itu hanya bercandaan kepada anak-anak

Surabaya, IDN Times - Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar membantah bahwa dirinya mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden. Ia menuturkan bahwa perkataannya saat itu hanyalah guyonan saja.

1. Ketua PWNU Jatim bantah dukung Anies nyapres

Sebut Anies Capres, Ketua PWNU Jatim: Hanya Candaan Anak KecilKetua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar saat berada di Kota Batu. IDN Times/Alfi Ramadana

Marzuki mengatakan bahwa maksud kedatangan Anies ke Pondok Pesantren Sabilurrosyad pada Jumat (12/11/2021) hanya untuk bersilaturahmi saja. Ia mayakinkan bahwa tidak ada maksud terselubung dari Anies apa lagi niatan untuk menjadi calon presiden.

"Saya tidak ada memberikan dukungan kepada Anies untuk menjadi Capres, dan ucapan saya kepada sekelompok anak kecil bersama ibunya yang minta foto, sangat disayangkan diplintir seolah saya mendeklarasikan Anies sebagai calon presiden, padahal sama sekali tidak ada deklarasi tersebut," ujarnya, Minggu (14/11/2021).

Baca Juga: Ketua PWNU Jatim Sebut Anies Calon Presiden

2. Anggap Pilpres 2024 masih sangat jauh

Sebut Anies Capres, Ketua PWNU Jatim: Hanya Candaan Anak KecilGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar. IDN Times/Alfi Ramadanab

Marzuki menjelaskan bahwa tidak ada pembahasan mengenai pencalonan Anies sebagai presiden dalam pertemuan mereka. Saat ini, Marzuki juga tidak sedang ingin mencalonkan seseorang sebagai presiden.

"Sama sekali tidak ada calon calonan, dukung-dukungan kepada Anies Baswedan. Lagi pula kontestasi ini masih sangat jauh," tuturnya.

3. Dukungan hanya sekadar bercandaan kepada anak-anak

Sebut Anies Capres, Ketua PWNU Jatim: Hanya Candaan Anak KecilKetua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. IDN Times/Alfi Ramadana

Ia kemudian menjelaskan mengapa kelakarnya itu bisa terucap. Ketika itu, usai salat Jumat, Anies dan Marzuki bertemu ibu-ibu dan anak-anaknya. Marzuki pun bercanda memperkenalkan Anies sebagai calon presiden kepada anak-anak tersebut.

"Jadi kalau ada yang percaya dan menanggapi itu sebagai deklarasi mendukung Anies, sama saja dengan anak kecil. Kepada rekan-rekan media tolong jangan menganggap hal tersebut menjadi serius," ungkapnya.

4. Pembahasan hanya seputar kebangkitan NKRI

Sebut Anies Capres, Ketua PWNU Jatim: Hanya Candaan Anak KecilAnies Baswedan bersama Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar. IDN Times/Alfi Ramadana

Dalam silaturahmi itu pun, Marzuki memastikan bahwa pembahasannya hanya seputar kebangkitan Indonesia dan bagaimana masing-masing pihak bisa berkontribusi. Diskusi itu pun merupakan agenda mendadak yang tidak direncanakan sebelumnya.

"Tahunya mendadak, saya diberi tahu, katanya Pak Anies mau datang. Kami dari kemarin keliling, terus pagi tadi ada kabar," pungkasnya.

Baca Juga: Anies Baswedan Sowan ke Ketua PWNU Jatim: Hanya Silaturrahmi!

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya