Sandiaga Sebut Pembangunan Infrastruktur Tambah Utang Negara

Ia optimistis bangun infrastruktur tanpa utang

Surabaya, IDN Times - Perkembangan infrastruktur Indonesia rupanya dinilai kurang baik oleh Calon Wakil Presiden RI nomor urut 02, Sandiaga Uno. Sandiaga menuturkan bahwa pemerintah harusnya lebih berfokus pada perekonomian warga bukan pada pembangunan infrastruktur.

"Kita ingin pemerintah itu fokusnya di manusiannya, bukan di fisik, bukan di infrastruktur," ujar Sandiaga saat berdialog dengan pengusaha UMKM di sentra kuliner Urip Sumoharjo Surabaya, Selasa (1/1).

1. Pembangunan infrastruktur oleh Jokowi dinilai menambah utang negara

Sandiaga Sebut Pembangunan Infrastruktur Tambah Utang NegaraIDN Times/Panji Galih

Dalam pidatonya, Sandi mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur yang selama ini Presiden Joko "Jokowi" Widodo malah mendatangkan lebih banyak utang ke Indonesia yang dapat menyengsarakan warga Indonesia ke depannya. Ia menyarankan pembangunan manusia lebih didahulukan.

"Dan kita tidak ingin telalu bergantung pada utang. Kita tidak ingin asing mendikte kita. Kita tidak ingin ruang lapangan kerja itu diberikan kepada TKA (tenaga kerja asing). Utang sudah Rp5 ribu triliun sekarang," tutur Sandi.

2. Sandi optimistis bangun infrastruktur tanpa utang

Sandiaga Sebut Pembangunan Infrastruktur Tambah Utang NegaraANTARA FOTO/Jojon

 

Ketika ditanya apakah ia sanggup membangun infrastruktur yang tepat tanpa mengambil utang, Sandi optimistis dapat melakukannya.

"Bisa, saya sudah membangun Cikopo-Palimanan 116 kilometer tanpa utang sama sekali. Sudah dibuktikan dan Bu Sri Mulyani dan Pak Darmin sudah mengakui juga," ucapnya yakin.

Baca Juga: Wudunya Disebut Salah, Sandiaga: Saya Manusia Penuh Dengan Kesalahan

3. Sebut ada kebijakan pro menambah utang

Sandiaga Sebut Pembangunan Infrastruktur Tambah Utang NegaraIDN Times/Fitria Madia

 

Ia pun menuding bahwa tidak diberlakukannya sistem kolaborasi dengan para pengusaha dalam negeri saat melakukan pembangunan lantaran adanya kebijakan yang lebih menitik beratkan pada penambahan utang.

"Ini yang kita ingin dilakukan kedepan. Prabowo-Sandi akan fokus kemitraan pemerintah dengan badan usaha. Kita membangun infrastruktur kita boleh tapi kita libatkan dunia usaha. Kita libatkan semua pemangku kepentingan supaya tidak memberatkan pembiayaan negara," jelasnya.

4. Ada fokus lain yang harusnya dilakukan

Sandiaga Sebut Pembangunan Infrastruktur Tambah Utang NegaraIDN Times/Edwin Fajerial

 

Pasangan Prabowo Subianto ini juga menjabarkan bahwa ada fokus-fokus lain yang harusnya dilakukan oleh Jokowi dengan pembiayaan negara.

"Membuka lapangan kerja itu tugas pemerintah. Menjaga stabilitas harga-harga bahan pokok itu tugas pemerintah. Itu mestinya menjadi prioritas pemerintah. Bukan membangun infrastruktur dengan menambah utang," tutup Sandi.

Baca Juga: Bangun Infrastruktur Tanpa Utang? Begini Cara Berpikir Sandiaga

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya