Risma Serahkan SD Bantuan Warga Surabaya ke Korban Gempa Lombok Timur

Bangunan tersebut hasil urunan warga dan siswa-siswi

Lombok Timur, IDN Times - Gedung sekolah dasar di Lombok Timur yang dibangun oleh hasil sumbangan warga Surabaya akhirnya diserahkan ke pemerintah setempat, Selasa (28/5).  Gedung tersebut semoat luluh lantak lantaran rentetan gempa yang menggoyang Pulau Lombok tahun lalu. Penyerahan ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kepada Bupati Lombok Timur M Sukiman Azmy.

1. SDN Obel-Obel 1 merupakan salah satu sekolah yang parah terdampak gempa

Risma Serahkan SD Bantuan Warga Surabaya ke Korban Gempa Lombok TimurIDN Times/Fitria Madia

 

Bangunan sekolah yang diserahkan tersebut adalah gedung SDN Obel Obel 1 yang terletak di Desa Obel Obel Kecamatan Sambelia Lombok Timur. Risma menyerahkannya langsung kepada Sukiman yang disaksikan oleh para siswa, guru, dan wali murid sekolah tersebut. Prosesi peresmian dan penyerahan disimbolkan dengan penandatanganan prasasti dan nota kesepakatan.

"Di Desa Obel-obel ini katanya ada sekolah yang rusak parah dan belum tersentuh bantuan karena jaraknya sangat jauh dari kota, sehingga saya putuskan untuk membantu di sini,” ujar Risma dalam sambutannya.

2. Dana bantuan membengkak dari perkiraan

Risma Serahkan SD Bantuan Warga Surabaya ke Korban Gempa Lombok TimurIDN Times/Fitria Madia

 

Risma menuturkan bahwa pembangunan gedung sekolah ini memakan dana yang melebihi dari taget awal yaitu Rp800 juta. Hal ini dikarenakan desain baru yang diinginkan Risma agar bangunan sekolah dapat kokoh dan tahan gempa. Akhirnya setelah didesain ulang oleh para pakar dari ITS, pembangunan gedung sekolah menghabiskan dana sebesar Rp1,567 miliar.

"Agak lama memang karenan kita minta ITS untuk mendesain bangunan ini supaya tahan gempa. Habisnya Rp1,67 (miliar). Kalau di Surabaya bisa jadi 2 lantai. Tapi memamg mahal supaya tahan gempa," ungkapnya.

 

Baca Juga: Kunker ke Lombok, Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Mandalika

3. Penyerahan masih berupa bangunan

Risma Serahkan SD Bantuan Warga Surabaya ke Korban Gempa Lombok TimurIDN Times/Fitria Madia

 

Lantaran dana yang membengkak hingga hampir dua kali lipat tersebut, penyerahan bangunan sekolah masih belum termasuk infrastruktur seperti meja, kursi, dan papan tulis. Risma mengatakan bahwa ia akan mengusahakan sumbangan dana lagi agar dapat memberikan kelengkapan pembelajaran tersebut.

"Awalnya Rp800 juta itu sudah sama mebelnya pak. Tapi karena sudah dihitung ulang jadi Rp1,5 miliar jadi blm ada mebelnya. Nanti insyaallah akan kami carikan lagi supaya ada mebelnya," tuturnya.

4. Bupati Lombok Timur sebut Surabaya salah satu donatur besar bagi daerahnya

Risma Serahkan SD Bantuan Warga Surabaya ke Korban Gempa Lombok TimurIDN Times/Fitria Madia

 

Menerima pemberian ini, Sukiman mengaku bersyukur. Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang memberikan bantuan yang besar dan rutin pada Kabupaten Lombok Timur selain DKI Jakarta dan Bogor. Ia juga mengaku kagum dengan kegigihan Risma yang datang ke lokasi meski medan yang ditempuh cukup jauh dan berat.

"Ibu kita ini adalah salah satu di antara Wali Kota terbaik di dunia. Inspirator kepala daerah atas kepedulian beliau. Tanggap segera mengatasi masalah-masalah. Bagi kami kepala daerah banyak sumber inspirasi dari beliau dalam melaksanakan tugas sehari-hari," ucap Sukiman. Usai peresmian, mereka meninjau bangunan tersebut.

 

5. Juga berikan alat-alat olahraga

Risma Serahkan SD Bantuan Warga Surabaya ke Korban Gempa Lombok TimurIDN Times/Fitria Madia

 

Selain menyerahkan bangunan dengan penandatanganan prasasti, Risma datang ke bangunan tersebut bersama perwakilan siswa siswi Surabaya yaitu 5 siswa SD dan 5 siswa SMP. Para siswi dari Surabaya itu memberikan beberapa alat olah raga seperti bola basket, raket, bola volly, bola sepak, dan lainnya.

"Ini untuk anak-anak di sini. Supaya bermain dengan senang. Ayo kakak dikasihkan ke adik-adiknya. Kenalan ya," tutur Risma. Para murid SD tersebut pun menyahut "terima kasih Bu Risma. Terima kasih warga Surabaya."

Baca Juga: Wisma Persebaya Disegel, Risma: Itu Kewajiban Pemerintah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya