Pencarian 24 Jam, Korban Tanggul Lumpur Jebol Ditemukan Tewas

Jenazah hingga kini belum diangkat

Surabaya, IDN Times - Setelah proses pencarian selama 24 jam, jasad Imam Syafi'i (35), korban jebolnya tanggul lumpur proyek PT Sinar Suri akhirnya ditemukan, Senin (11/8). Namun hingga pukul 13.00 WIB, jenazahnya masih belum dapat dievakuasi. Namun kabar terbaru, korban sudah ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.

1. Korban tanggul jebol ditemukan tewas

Pencarian 24 Jam, Korban Tanggul Lumpur Jebol Ditemukan TewasIDN Times/Fitria Madia

Kapolsek Sukomanunggal, Kompol Muljono, mengatakan korban tanggul jebol yang sempat dinyatakan hilang akhirnya ditemukan. Sayangnya, korban tersebut sudah dalam keadaan tak bernyawa.

"Korban sudah ditemukan. Masih posisinya saja. Ditemukan barusan pukul 12.30 WIB," ujarnya ketika dihubungi IDN Times, Minggu (11/8).

Baca Juga: Banjir di Jember Gara-gara Tanggul Jebol, BPBD dan Tim SAR Lakukan Ini

2. Pencarian jenazah menggunakan alat berat

Pencarian 24 Jam, Korban Tanggul Lumpur Jebol Ditemukan TewasIlustrasi jenazah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Proses evakuasi korban memang diakui Muljono cukup sulit. Pencarian korban telah dilakukan sejak Sabtu (10/8) siang yang berarti memakan waktu sekitar 24 jam. Akhirnya petugas gabungan menemukan korban dengan bantuan alat berat berupa Backhoe mini.

"Tapi ini masih ditemukan posisinya saja. Belum kita angkat," lanjutnya.

3. Pengangkatan jenazah dengan cara manual

Pencarian 24 Jam, Korban Tanggul Lumpur Jebol Ditemukan TewasIDN Times/Fitria Madia

Untuk mengangkat mayat tersebut, Muljono akan mengerahkan tenaga secara manual. Tim gabungan dari kepolisian, Linmas, hingga pemadam kebakaran akan berusaha mengevakuasi jenazah tersebut tanpa membahayakan nyawa petugas. Pasalnya, medan kecelakaan tersebut cukup berbahaya untuk dilalui.

"Kami pakai manual karena kalau pakai backhoe takutnya jenazahnya ketusuk-tusuk," terangnya.

Saat ini, proses evakuasi korban juga disaksikan oleh pihak keluarga. Mereka mayoritas merupakan warga Pulau Madura, tempat asal korban.

4. Kecelakaan akibat jebolnya tanggul lumpur

Pencarian 24 Jam, Korban Tanggul Lumpur Jebol Ditemukan TewasIDN Times/Fitria Madia

Sebelumnya, kecelakaan ini terjadi pada lokasi proyek PT Sinar Suri. Sebuah tanggul berisi lumpur setinggi 3 meter tiba-tiba jebol dan menimpa 3 orang pekerja pabrik lain, Sabtu (10/8). 2 orang berhasil selamat. Namun korban bernama Imam Syafi'i sempat dinyatakan hilang lantaran tertimbun lumpur hingga ditemukan tewas.

"Ini setelah saya tanya, tujuannya adalah dia mengirit bahan bangunana untuk pengurukan yang tanahnya dari nol jalan itu kedalamannya 3 meter. Perlu penyelidikan lebih lanjut," tutur Muljono.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya