Pembangunan Dibantu Pusat, Besok Eri akan Ajak Presiden Jokowi ke JLBB

Jokowi direncanakan kunjungi Surabaya besok

Surabaya, IDN Times - Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo dijadwalkan akan mengunjungi Kota Surabaya pada Kamis (6/5/2021) untuk meresmikan Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) Benowo. Rencananya, Jokowi juga akan berkeliling melihat perkembangan Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) sebagai salah satu proyek prioritas yang dibantu pemerintah pusat.

“Insyallah nanti Pak Presiden akan saya ajak melewati JLLB, karena pembangunannya banyak dibantu pusat,” ujar Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Rabu (5/5/2021).

1. Pemerintah pusat menambah proyek JLBB jadi dua lokasi

Pembangunan Dibantu Pusat, Besok Eri akan Ajak Presiden Jokowi ke JLBBCalon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat berdoa bersama para kiai, Minggu (27/9/2020). IDN Times/Dok. Istimewa

Eri menjelaskan, awalnya JLBB ini hanya akan dibangun di satu lokasi saja. Ternyata, Jokowi melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan untuk menambah bantuan sehingga JLBB bisa dibangun di dua lokasi sekaligus.

"Alhamdulillah dua lokasi JLLB yang dibantu pusat. Awalnya kan hanya satu lokasi, tapi ternyata saat ini di dua lokasi dan sudah dikerjakan,” tuturnya.

2. Awalnya JLBB hanya sepanjang 1,5 kilometer

Pembangunan Dibantu Pusat, Besok Eri akan Ajak Presiden Jokowi ke JLBBKepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya, Erna Purnawati. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya, Erna Purnawati menambahkan, awalnya lokasi JLBB hanya terletak di Simpang Romokalisari hingga simpang 4 Romokalisari dengan panjang sekitar 1,5 kilometer. Proyek awal ini juga dibantu pemerintah pusat.

“Rencana awalnya, sebelum exit tol Romokalisari belok kiri hingga ke simpang 4 Romokalisari. Itu sudah lama dibangun dan saat ini progres pembangunannya sudah sekitar 55 persen,” imbuh Erna.

3. JLBB ditambah untuk akses Piala Dunia U-20

Pembangunan Dibantu Pusat, Besok Eri akan Ajak Presiden Jokowi ke JLBBStadion Gelora Bung Tomo sebelum direnovasi pada 9 November 2019. IDN Times/Reza Iqbal

Ternyata, lokasi JLBB ini menjadi perhatian nasional lantaran menjadi akses salah satu lokasi perhelatan Piala Dunia  U-20 yang dulu direncanakan pada tahun 2021 yaitu Stadion Gelora Bung Tomo. Jokowi pun menambahkan proyek JLBB ini menjadi dua lokasi sehingga menambah akses menuju GBT.

"Nah, lokasi yang kedua yang ditambah oleh Pak Jokowi adalah pembangunan dari Simpang 4 Romokalisari hingga rel kereta api Sememi yang panjangnya sekitar 3,2 kilometer, dan saat ini sudah mulai pengurugan,” ungkapnya.

Baca Juga: Pamer PLTSa, Risma Siap Bantu Pengelolaan Sampah di Bali

4. Diperkirakan rampung Desember 2021

Pembangunan Dibantu Pusat, Besok Eri akan Ajak Presiden Jokowi ke JLBBSuasana kerja bakti di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Jumat, 8 November 2019. IDN Times/Reza Iqbal

Erna menjelaskan bahwa titik pertemuan akses jalan tersebut berada di Simpang 4 Romokalisari. JLBBB Simpang 4 ke arah timur nantinya akan bersambung dengan Fly Over Teluk Lamong yang dibangun oleh PT Pelindo III. Lalu di bagian utara atau ke Simpang Romokalisari juga sudah dibangun. Sementara di arah Selatan dari Simpang 4 Romokalisari sudah mulai pengurugan yang dibantu oleh pemerintah pusat untuk yang kedua kalinya.

“Nah, kalau yang ke arah barat dari Simpang 4 Romokalisari ini nanti akan tembus Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), sekarang sudah jadi dan sudah diaspal. Panjangnya sekitar 2 kilometer dan itu 620 meter diantaranya digarap oleh pengembang. Mohon doanya semoga Desember tahun ini bisa selesai semuanya,” tutup Erna.

Baca Juga: Diresmikan Jokowi 6 Mei, Eri Pastikan PSEL Benowo Siap Beroperasi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya