Merasa Haknya Dilanggar, Keluarga Ahmad Dhani Mengadu ke Komnas HAM

Ia ditahan untuk pemeriksaan tapi tak pernah diperiksa

Surabaya, IDN Times - Keluarga terdakwa kasus pencemaran nama baik, Ahmad Dhani berencana akan mengadu ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Mereka merasa Ahmad Dhani telah menjadi korban pelanggaran HAM.

1. Dhani diklaim sebagai korban pelanggaran HAM

Merasa Haknya Dilanggar, Keluarga Ahmad Dhani Mengadu ke Komnas HAMIDN Times/Ardiansyah Fajar

Anak sulung Ahmad Dhani, Ahmad Al Ghazali mengatakan bahwa kedatangan keluarganya ke Komnas HAM untuk mengadu dugaan pelanggaran HAM Dhani. Pasalnya masa penahanan Dhani diperpanjang tanpa kejelasan.

"Saya sama keluarga senin ingin datang ke Komnas ham karena ayah saya ditambah lagi 60 hari. Ini ada apa karena selama 30 hari ini gak diperiksa sama sekali. Keluarga besar semua datang," ungkapnya usai mengunjungi Dhani di Rumah Tahanan Klas 1 Surabaya, Sabtu (2/3).

2. Al dan Dul berniat jemput ayahnya

Merasa Haknya Dilanggar, Keluarga Ahmad Dhani Mengadu ke Komnas HAMIDN Times/Fitria Madia

Kuasa hukum Ahmad Dhani, Zahid menambahkan bahwa sebenarnya kedatangan Al dan adiknya, Abdul Qodir Jaelani bertujuan untuk menjemput Dhani. Namun niat mereka urung karena masa penahanan Dhani yang diperpanjang.

"Pertemuan tadi mau menjemput ayahnya karena semalem jam 00.00 kan masuk tanggal 2, sebetulnya sudah bebas. Tapi ada perpanjangan selama 60 hari kedepan. Tapi dari pihak keluarga besok Senin mau melapor ke Komnas HAM, karena kami mengindikasi ada unsur itu," tutur Zahid.

Baca Juga: Konser Solidaritas untuk Ahmad Dhani Akan Digelar Minggu Depan

3. Dhani tidak diperiksa selama ditahan

Merasa Haknya Dilanggar, Keluarga Ahmad Dhani Mengadu ke Komnas HAMIDN Times/Ardiansyah Fajar

Zahid menjelaskan indikasi pelanggaran HAM yang dimaksud adalah terkait penahanan Dhani. Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menahan Dhani selama 30 hari dengan alasan pemeriksan. Namun selama 30 hari tersebut Dhani tidak diperiksa.

"Kemarin ada perpanjangan 30 hari itu kan untuk pemeriksaan tapi Ahmad Dhani tidak diperiksa, untuk kepentingan pemeriksaan banding di PT DKI kan? Tapi malah diperpanjang sampai 60 hari. Maka ada indikasi pelanggaran," terangnya.

4. Dhani minta anak dan istrinya ke Komnas HAM

Merasa Haknya Dilanggar, Keluarga Ahmad Dhani Mengadu ke Komnas HAMIDN Times/Fitria Madia

Saat berbincang di dalam Rutan, Dhani rupanya juga meminta anak-anak dan istrinya untuk mendatangi Komnas HAM atas dugaan pelanggaran HAM tersebut. Namun Dul tidak bersedia menerangkan bagaimana hal tersebut.

"No comment," jawabnya singkat.

Baca Juga: Konser Solidaritas untuk Ahmad Dhani Akan Digelar Minggu Depan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya