Menag: Jemaah Haji 2021 Wajib Vaksinasi COVID-19

Meski belum ada kepastian pelaksanaan haji 2021

Surabaya, IDN Times - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas memastikan seluruh calon jemaah haji akan mendapatkan vaksinasi COVID-19. Vaksinasi akan diberikan bukan hanya untuk lansia namun bagi semua calon jemaah haji.

1. Vaksin COVID-19 untuk calon jemaah haji telah diperhitungkan

Menag: Jemaah Haji 2021 Wajib Vaksinasi COVID-19Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat acara peluncuran buku oleh FDK UINSA Surabaya, Jumat (26/3/2021). IDN Times/Fitria Madia

Kepastian itu disampaikan Yaqut untuk menjawab kekhawatiran para calon jemaah haji. Ia sudah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin untuk memberikan sebagian jatah vaksin COVID-19 untuk melindungi para calon jemaah haji.

"Iya, kita sudah bicara dengan Menkes, sudah bersurat juga. Dan insyaallah semua calon jemaah haji yang berangkat," ujar Yaqut usai acara peluncuran buku sekaligus HUT ke-50 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya, Jumat (26/3/2021).

2. Vaksinasi bukan hanya untuk lansia

Menag: Jemaah Haji 2021 Wajib Vaksinasi COVID-19Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai acara peluncuran buku oleh FDK UINSA Surabaya, Jumat (26/3/2021). IDN Times/Fitria Madia

Vaksinasi ini pun akan diberikan kepada seluruh calon jemaah haji yang terdaftar dalam pemberangkatan tahun ini tanpa memandang usia. Sehingga, calon jemaah haji yang belum termasuk lanjut usia atau masih berusia di bawah 60 tahun juga akan turut divaksinasi.

"Bukan (hanya lansia). Semua sudah kita pastikan," tuturnya.

3. Yakin vaksinasi jadi salah satu syarat haji

Menag: Jemaah Haji 2021 Wajib Vaksinasi COVID-19Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai acara peluncuran buku oleh FDK UINSA Surabaya, Jumat (26/3/2021). IDN Times/Fitria Madia

Meski belum mendapat kepastian mengenai perizinan haji dari Kerajaan Arab Saudi, Yaqut menduga bahwa vaksinasi akan menjadi salah satu persyaratan bagi para calon jemaah haji. Sehingga, pihaknya pun mulai mencicil vaksinasi calon jemaah haji secara bertahap.

"Kalau haji dibuka oleh pemerintah saudi, semua sudah divaksin," pungkasnya.

Baca Juga: Dugaan Pelecehan Seksual oleh Perawat RS Haji, Polisi Kumpulkan Bukti

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya