Joe Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, Ini Penjelasan Pakar Unair

Perubahan iklim bisa sebabkan beberapa daerah tenggelam

Surabaya, IDN Times - Publik sempat dihebohkan dengan pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengenai prediksi DKI Jakarta yang akan tenggelam pada 10 tahun mendatang akibat perubahan iklim. Menanggapi hal itu, pakar Universitas Airlangga membenarkan bahwa ada kemungkinan tenggelamnya Jakarta akibat kenaikan permukaan air laut.

1. Pemanasan global buat perubahan iklim terjadi

Joe Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, Ini Penjelasan Pakar UnairANTARA FOTO/Reno Esnir

Kepala Environmental Engineering, Universitas Airlangga, Dr. Eko Prasetyo Kuncoro, ST., DEA., mengatakan bahwa perubahan iklim yang diakibatkan dari pemanasan global memang nyata terjadi. Beberapa dampak perubahan tersebut sudah mulai dirasakan saat ini.

“Salah Satu efek yang sangat dirasa oleh masyarakat dunia terkait dengan pemanasan global adalah perubahan iklim yang menyebabkan kenaikan temperatur air laut sehingga
menyebabkan muka air laut relatif mengembang dan memiliki volume banyak,” ujarnya, Sabtu (21/8/2021).

Baca Juga: Alarm Bahaya Jakarta Tenggelam 10 Tahun ke Depan Berbunyi Lagi

2. Pantai utara Jawa rentan tenggelam

Joe Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, Ini Penjelasan Pakar UnairANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Selain itu, pantai utara Jawa termasuk wilayah rentan tenggelam. Tak hanya akibat sea level raise, Eko mengatakan bahwa ada faktor lain yang memungkinkan wilayah tersebut tenggelam. Salah satunya yaitu pemakaian air tanah.

“Awalnya permukaan tanah turun kemudian permukaan air lautnya naik. Nah, kombinasi
inilah yang menyebabkan sebagian kota itu akan tenggelam,” tuturnya.

Saat ini, Eko sedang mengamati beberapa daerah yang diprediksi akan tenggelam. Beberapa di antaranya yaitu Jakarta Utara, Semarang, Demak, dan Pekalongan. Pihaknya masih mengamati terus fenomena alam yang terjadi di wilayah-wilayah tersebut.

“Muka air laut ini diprediksi memang sumber satu dengan sumber lain memiliki perbedaan
angkanya, tetapi dari tahun 2001-2009 daerah-daerah tersebut mengalami kenaikan air muka laut antara 1 sampai 1,5 meter,” jelasnya.

3. Jakarta jadi sorotan karena ibu kota negara

Joe Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, Ini Penjelasan Pakar UnairIDN Times/Gregorius Aryodamar

Dari sekitar 112 daerah yang diprediksi tenggelam, Jakarta memang menjadi sorotan para pakar hingga politisi. Pasalnya, Jakarta merupakan ibu kota negara yang mewakili wajah negara tersebut. Selain pusat pemerintahan, Jakarta juga pusat perekonomian dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

“Dalam konteks pentingnya suatu wilayah maka saya pikir Jakarta sebagai representasi dari sebuah ibukota negara dan penduduknya sangat padat sehingga dijadikan sebuah contoh,” pungkasnya.

Baca Juga: Anies: Penghentian Reklamasi Langkah Tepat Cegah Jakarta Tenggelam

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya