Jambret Siswa, Mantan Satpam Dihadiahi Timah Panas

Pelaku sempat melakukan perlawanan kepada petugas

Surabaya, IDN Times - Mengendarai sepeda motor sembari bermain HP ibarat sudah menjadi hal lumrah bagi masyarakat masa kini. Namun, hal tersebut dimanfaatkan oleh Yani Arofiq (35) untuk mencari mangsa. 

Ia merupakan penjambret HP spesialis pengendara motor. Yani pun berhasil dibekuk oleh Polsek Tegalsari Surabaya dengan timah panas yang mendarat di kaki kanannya, Rabu (12/9).
 

1. Beraksi saat dini hari

Jambret Siswa, Mantan Satpam Dihadiahi Timah PanasIDN Times/Fitria Madia

Ketika ditanya oleh Kapolsek Tegalsari Kompol David Triyo Prasojo, Yani mengaku baru melancarkan aksinya ini pertama kali. Namun, David percaya bahwa sebelumnya Yani sudah pernah melakukan aksi penjambretan yang lain. "Pelaku melancarkan aksinya pada pukul 05.00 WIB di Jalan Diponegoro. Saat itu korban hendak berangkat sekolah. Pelaku memang melakukan patroli untuk mencari calon korban," terang David.

2. Ditembak karena melawan

Jambret Siswa, Mantan Satpam Dihadiahi Timah PanasIDN Times/Fitria Madia

Setelah berhasil merampas HP yang berjenis iPhone 6+, Yani sempat dikejar oleh korban. Namun nahasnya, ia bertemu dengan tim kepolisian yang saat itu kebetulan sedang berjaga. "Dia kami tangkap namun melakukan perlawanan hingga berpotensi mencederai personel. Akhirnya anggota kami melakukan penembakan di kaki kanan pelaku," lanjut David.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Waspada, Marak Penjambretan di Jakarta!

3. Pelaku merupakan mantan satpam

Jambret Siswa, Mantan Satpam Dihadiahi Timah PanasIDN Times/Fitria Madia

Yang disayangkan dari Yani, lanjut David, ia merupakan mantan satuan pengamanan di sebuah pusat perbelanjaan selama satu tahun. Namun saat ini malah Yani yang menjadi pelaku pengusik kemananan warga. "Pelaku ini ternyata pernah bersama-sama kami. Artinya dalam bidang yang sama ya merupakan pensiunan satuan pengamanan. Artinya harusnya dia juga sama-sama menjaga keamanan tapi ternyata dia menjadi pelaku dari curas itu sendiri," sesal David.

Baca Juga: Marak Kasus Penjambretan, Ini 5 Tips Menghindarinya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya