Hari Pertama Jadi Presiden, Risma Ajak Pemda se-Asia Pasifik Berkebun

Dia memamerkan taman yanv dulunya adalah TPA

Surabaya, IDN Times - Hari pertama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai Presiden paguyuban Pemda-Pemkot se Asia-Pasifik, UCLG Aspac, diisi dengan kegiatan menanam pohon bersama di taman favoritnya, Taman Harmoni. Risma bersama belasan delegasi UCLG menengok Taman Harmoni seluas 60 hektare tersebut pada Sabtu (15/9).

1. Pamerkan Taman Harmoni

Hari Pertama Jadi Presiden, Risma Ajak Pemda se-Asia Pasifik BerkebunDok.IDN Times/Istimewa

Risma memamerkan taman kesukaannya tersebut kepada para tamu. Ia menerangkan sejarah taman ini yang dulunya merupakan tempat pembuangan akhir (TPA). Di sekitar TPA tersebut juga terdapat pemukiman kumuh. "Bapak ibu sekalian, tempat ini dulunya adalah TPA sampah. Kurang lebih 25 tahun tidak digunakan. Kemudian saya mencoba dengan segala keterbatasan dana, saya mencoba mengubah eks TPA sampah ini menjadi taman kota," jelasnya.

Baca Juga: Resmi! Risma Didaulat Jadi Presiden Pemkot-Pemda Se-Asia Pasifik

2. Menanam puluhan pohon sebagai simbol kerja sama

Hari Pertama Jadi Presiden, Risma Ajak Pemda se-Asia Pasifik BerkebunDok.IDN Times/Istimewa

Dalam kesempatan ini, Risma bersama para peserta menanam berbagai jenis tanaman yaitu 25 pohon Bisbul, 25 Kepel, 25 Nagasari, 13 Zaitun, dan 12 Namnam. 
Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan simbol hubungan para member UCLG Aspac. "Ini adalah simbol semangat untuk saling menghargai, mendukung dan membantu satu sama lain, untuk pengembangan menuju kota yang berkelanjutan di Asia-Pasifik," ungkapnya.

3. Delegasi kagum dengan Surabaya.

Hari Pertama Jadi Presiden, Risma Ajak Pemda se-Asia Pasifik BerkebunDok.IDN Times/Istimewa

Setelah puas berjalan-jalan di Taman Harmoni, Risma juga mengajak para Pemkot dan Pemda yang kini dipimpinnya tersebut mengunjungi Taman Bungkul dan Kampung Margorejo. Meski waktu kunjungan terbilang singkat, namun para delegasi mengaku kagum dengan lingkungan yang ada di Surabaya. "Saya terpikat dengan kehjiauan kampung margorejo. Sebuah kerja yang hebat dari warga sekitar. Sangat terinspirasi," tutur delegasi asal Bangladesh, Uddin Muhammad Muslem.

Baca Juga: 18 Potret Seru Mlaku-Mlaku nang Tunjungan, Wali Kota Risma Sampai Joget

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya