Hari Lansia Nasional, Khofifah: Lindungi dari COVID-19

Karena lansia termasuk kelompok rentan COVID-19

Surabaya, IDN Times - Di Hari Peringatan Lanjut Usia Nasional yang jatuh pada Jumat (29/5), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berpesan agar warga lanjut usia tidak terlupakan dan senantiasa dilindungi di tengah pandemik COVID-19. Pasalnya, lansia merupakan golongan rentan terpapar COVID-19 sehingga butuh perhatian ekstra.

1. Lansia butuh perhatian khusus

Hari Lansia Nasional, Khofifah: Lindungi dari COVID-19Pixabay/pasja1000

Khofifah meminta masyarakat agar tidak melupakan warga lanjut usia. Menurutnya, perhatian khusus terhadap kesehatan baik fisik dan mental para kelompok lansia diperlukan untuk menjaga imunitas mereka agar tidak mudah terpapar COVID-19.

“Di Hari Peringatan Lanjut Usia Nasional (HLUN) 29 Mei ini, saya mengajak seluruh masyarakat untuk turut menjaga dan melindungi para lansia dari risiko terpapar virus. Yang muda harus turut membantu mengedukasi mereka bagaimana menghadapi COVID-19,” ungkap Khofifah melalui siaran pers Humas Pemprov Jatim, Jumat (29/5).

2. Lansia apalagi dengan komorbid rentan terkena COVID-19

Hari Lansia Nasional, Khofifah: Lindungi dari COVID-19Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menerima bantuan dari BNPB untuk RS Darurat COVID-19. Dok Humas Pemprov Jatim

Khofifah mengatakan, warga lansia harus lebih waspada, terlebih mereka yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) seperti penyakit autoimun, diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan jantung. Apabila tertular COVID-19, lansia akan mendapatkan komplikasi kesehatan yang cukup serius.

"Selain asupan gizi yang sehat dan berimbang, lansia juga perlu menghindari stres karena dapat menurunkan imunitas tubuh, memacu adrenalin, meningkatkan tekanan darah dan gula darah. Serta melakukan istirahat atau tidur yang cukup setiap harinya," tuturnya.

Baca Juga: Jelang Idulfitri, Khofifah Ajak Silaturahim Secara Online

3. Lansia juga butuh kasih sayang dan dukungan

Hari Lansia Nasional, Khofifah: Lindungi dari COVID-19Pixabay/Wetmount

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga berpesan kepada generasi muda untuk menghormati orang tua. Menurut Khofifah, jika hal ini terlaksana dengan baik maka kehidupan menjadi harmonis saling menghormati dan menghargai.

“Nah yang muda, jangan sampai justru menjadi carier buat mereka para lansia. Poinnya adalah saling menjaga. Tidak lupa, beri mereka dukungan untuk melewati masa sulit pandemi ini. Temani dan ajak ngobrol mereka agar tidak merasa kesepian,” tutupnya.

Baca Juga: Salurkan 1.800 Sembako bagi Lansia, Pertamina Ikut Atasi Dampak Covid-19

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya